Sebalnya melihat oli rembes di seputar mesin. Seperti di head silinder
Yamaha Scorpio. Parahnya kalau sudah campur debu, terkesan jorok dan
enggak terawat. Ketika ditelusuri, ternyata sil atau O-ring dari karet
yang ada di sekitar mesin sudah bocor. Penyebabnya bisa lingkar dalam
atau luar karet sil robek, atau mengeras karena panas mesin. Akibatnya
maksimal membendung oli. Ada beberapa sil yang menyebabkan oli meler di
mesin Scorpio.
Pertama, sil yang ada pada tutup setelan klep.
Karena di daerah panas, sil ini gampang mengeras dan bocor. Apalagi
kalau O-ring imitasi yang enggak presisi dan pemasangan kurang tepat.
Kedua, oli rembes di sekitar tutup silinder head sebelah kanan yang bertuliskan Four. Penyebabnya O-ring cover blok sudah tidak maksimal bekerja, rembesan oli terlihat di bawah, kiri dan atas cover Four.
Penyebab lain pada areal ini bisa dari O-ring kabel kabel rpm. Posisinya
di dalam head kanan bertuliskan Four. Bentuk sil bagian tengah
berlubang mirip tapi dimensinya kecil. Selain O-ring di kabel rpm, oli
juga bisa rembas dari karet sil di sela lubang baut yang biasanya juga
sudah sudah korosi atau karat. Kalau yakin memang ini biangnya, harus
menebus kabel rpm baru yang banyak dijual di toko onderdil.