Membersihkan karburator
termasuk rangkaian servis ringan sepeda motor. Namun beberapa mekanik
bilang, komponen vital ini tak harus dibongkar. Selain karena masalah
ini, servis karbu cukup setel setingan anginnya. Kecuali jika masalahnya
sudah berat dan sudah lama tidak dibongkar.
Kenapa bisa seperti itu, sering bongkar karbu bisa bikin derat baut-baut
rusak bahkan dol. Selain itu, karet sil jadi cepat longgar. Jika ada
kejadian parah, seperti kemasukan kotoran debu atau air, seting karbu
itu enggak cepat berubah. Kecuali jika diutak-atik sembarangan.
Nah, biar perawatan
karbu mudah, murah dan prosesnya enggak makan waktu dan tenaga, berikut
ini langkah-langkahnya. Apalagi kalau bisa dikerjakan sendiri.
Pertama, kalau masih pakai filter bensin antara tangki dengan karbu
rajinlah untuk pengecekan. Jika kotor, bersihkan atau ganti. Lalu tanpa
filter bensin, rajin buang bensin di mangkuk karbu dua atau 3 minggu
sekali. Atau tiap isi bensin penuh. Caranya, tinggal kendurkan baut
pembuangan di mangkuk.
Langkah kedua, bersihkan saluran udara di congor karbu dengan cairan
pembersih. Caranya dengan melepas karet penyambung karbu dengan box filter, lalu semprot semua lubangnya sambil hidupkan mesin. Dijamin semua kotoran akan hilang dari filter udara.