Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) berfungsi sebagai
tutup-buka sebagian lubang exhaust. Membuka ketika putaran mesin 7.000
rpm dan menutup di bawah 7.000 rpm. Agar enggak mudah aus karena
gesekan, Kawasaki memberikan pelumasan berupa oli.
Tapi, oli yang berasal dari oli mesin terkadang malah menghambat fungsi
Super KIPS, karena oli bisa mengendap di sela-sela KIPS sehingga ogah
muter dan bisa terkunci dalam keadaan membuka atau menutup. Akibatnya
enggak enak di rpm tertentu, artinya harus dibersihin.
Selain akibat oli mengendap, lapisan seperti cat emas yang terdapat di
KIPS bikin macet juga, mending dibersihkan pakai cutter. Untuk
membersihkan KIPS bisa tempuh dua cara, ditodong alias ketika blok
silinder masih nempel atau bongkar sekalian dengan silindernya. Biar
enggak buka silinder, ditempuh cara todong saja.
Buka 2 baut cover KIPS dan jangan lupa buka baut tiang KIPS yang menuju ke bak kopling menggunakan kunci pas 10, agar KIPS bisa dicabut. Untuk buka baut di tiang KIPS berbalik arah seperti mengencangkan baut.
Agar mudah mengambil KIPS, arahkan dudukan baut KIPS ke depan agar ruang
congkel luas. Lalu congkel menggunakan obeng min. Lakukan di kedua
KIPS. Setelah tercabut, bersihkan kotoran yang berada di luar
menggunakan tinner.
Untuk membersihkan sela-sela di KIPS, lebih mudah menggunakan cutter.
Arahkan mata cutter di sela-sela bagian atas KIPS yang biasanya banyak
kerak oli, lantas diputar. Dengan begitu kerak bisa terangkat. Jangan
lupa bersihkan lapisan cat agar KIPS bekerja maksimal.
Setelah bersih, pasang kembali. Untuk membantu memasukkan KIPS bisa
pakai palu. Tapi, jangan lupa, saat pemasangan posisi KIPS harus
seimbang, kalau miring bisa enggak mau muter. Perhatikan juga KIPS harus
dalam keadaan top alias titik ketemu titik. Karena Super KIPS juga
punya kondisi top. Lanjut pasang cover KIPS dan komponen lain, juga fairing.
Agar pembersihan maksimal, mending tempuh buka silinder. Karena rumah
KIPS biasanya kotor. Tahap ini memang termasuk servis besar, tapi
maksimal.