Karburator mio merupakan
karburator model Vakum yang mempunyai kelemahan yaitu karet Vakum yang
mudah robek, karena sangat tipis dan sensitif terutama terhadap bensin.
Kebanyakan karet Vakum Karburator mio rusak karena kesalahan pada saat
membongkar karburator.
Untuk para pengguna karburator seperti CBR150, MIO dan NOUVO bisa
mengganti dengan karet Vakum punya Satria FU150 karena selain sama juga
banyak dijual dan lebih murah serta lebih awet dan lebih tebal. Karet
Vakum FU150 dipasaran sekitar RP. 20-30rb Suzuki Genuine Parts
alias Sparepart resmi Pabrikan, sedangkan punya NOUVO atau MIO bisa 2-3
kali lipat harganya, belum lagi kadang harus menunggu dulu barangnya
ada. Untuk CBR harganya bisa diatas Rp. 100Rb.
Tanda - tanda karet Vakum
Karbu sobek terasa pada saat langsam yang tidak stabil/stasioner RPM
yang kadang ketinggian atau kadang malah turun secara drastis alias
ngaco, mesin saat idle tidak stabil.
Cara pemasangannya gampang kok, tinggal copotin karburator, copot
membrannya, yang perlu diperhatikan saat pemasangan yaitu hindari dari
Bensin yang bisa menyebabkan membran jadi melar dan lama kelamaan bisa
tipis dan bikin sobek, juga hindari dari debu.
Bagi para pengguna MIO, NOUVO, CBR150 ada 3 keuntungan yang bisa didapat dari substitusi di atas :
- Lebih murah Harganya.
- Lebih Awet, karena lebih tebal.
- Mudah didapat, karena banyak tersedia dibengkel resmi Suzuki.