PAIR merupakan teknologi yang bertujuan untuk mengurangi emisi dan
menyeimbangkan kompisi udara di ruang bakar. Kerusakan Pulse Secondary
Air Injection System alias PAIR yang diaplikasi Suzuki Satria F-150
biasanya bermasalah saat mesin disetel langsam dan di putaran bawah.
Gejalanya seperti komposisi udara dan bahan bakar enggak ideal.
Sebenarnya sih bukan teknologi PAIR yang jadi biang keladi. Tapi, komponen
pendukung yang enggak tahan. Terutama tahan panas mesin. Posisi slang
melintang sampai silinder head kelewat panjang (gbr. 1). Kelamaan getas,
terus sobek. Jadinya ada udara luar ikut ke ruang bakar.
Biasanya sobek kejadian di bagian silinder head(gbr. 2). Tentunya enggak
perlu ganti slang. Beli slang yang sejenis pun susah lantaran punya
bahan dan ukuran khusus. Cara yang paling gampang sih
tinggal di-gunting ujung yang sobek. Terus dipasang lagi.