Dua kabel yang menuju throttel body ini biasa disebut sebagai fitur
"push pull throttle". Fitur push pull throttle ini umumnya dianut
karburator atau throttle body yang menggunakan katup butterfly atau
katup kupu-kupu sebagai pintu masuknya udara ke ruang bakar. Baik
karburator atau injeksi yang menggunakan butterfly biasanya sudah
menggunakan push pull throttle. Umumnya dipakai bagi yang sudah menganut
throttle body berukuran besar, seperti pada motor sport. Apa sih
fungsinya? Sistem ini membuat kerja katup butterfly jadi seirama dengan
putaran selongsong gas. Buka tutup katup jadi lebih responsif sesuai
dengan gerakan tangan.
Dua kabel yang saling tarik menarik ini membuat pergerakan kabel
throttle lebih lancar. Saat selongsong gas dipuntir, satu kabel gas yang
menempel pada throttle drum berfungsi sebagai penarik hingga membuat
katup butterfly jadi terbuka, sedang satu kabel gas lagi berfungsi
sebagai kebalikannya, menutup katup butterfly bersamaan dengan bantuan
per.
Bukan hanya berfungsi membuka tutup katup butterfly, tentu ada alasan
jelas pabrikan membuat model sepetinya itu. Hamzah dari HM Motor coba
kasih penjelasan mengenai fitur ini. Tentunya fitur ini dibuat lebih
kepada unsur safety. Saat katup butterfly membuka penuh ada kemungkinan
tidak kembali menutup meski pada bagian throttle drum sudah dilengkapi
per.
Tentunya jadi sangat berbahaya bila katup butterfly enggak tertutup
meski gas sudah ditutup. Jadi, selain membuat bukaan gas jadi lebih
responsif dan ringan, push pull throttle juga berperan erat untuk
keselamatan berkendara.