Trik meningkatkan peforma mesin
injeksi kian berkembang, termasuk pada matik. Misalnya injeksi Yamaha
Mio J, Soul GT dan X-Ride. Injektor bawaan ketiga matik ini bisa
disubtitusi pakai injektor Yamaha Vixion lama. Tinggal pasang karena
secara fisik sama begitupun soket yang terhubung ke ECU (Engine Control Unit), tinggal plek alias plug n play.
Disuruh ganti dengan injektor Old Vixion, pasti ada maknanya. Sebab, injektor Vixion memiliki enam lubang penyemprot bahan bakar.
Bandingkan saja dengan matik yang hanya 4 lubang, Akan terasa, apalagi
dipakai pada matik yang telah ganti knalpot racing. Makin terasa lagi
bila sudah korek harian.
Awali dengan mengganti ECU after market, misalnya saat ini sudah ada
Juken 2 BRT yang harganya cuma Rp 600 ribuan. Sebab, percuma ganti
injektor bila ECU masih tetap standar. Besarnya dan banyak lubang
injector tidak banyak berpenngaruh. Tidak seperti lubang pada spuyer
pada karburator.
Jika ECU sudah diganti tipe kompetisi atau korek harian, maka volume
bahan bakar akan lebih banyak. Saat itu yang dibutuhkan injektor dengan
jumlah lubang lebih banyak ataupun lebih besar memompa bahan bakar.
Injektor Vixion di pasaran dapat ditebus Rp 485 ribu, sebagai
perbandingan aslinya Mio J hanya Rp 110 ribu.