Bila melihat di bagian atas Engine Thunder 250 ada suatu Knop yang
menonjol yang jarang ada di motor lain. Ini adalah Knop Dekompresi yang
bertujuan membocorkan kompresi di ruang bakar. Fungsinya adalah ketika
akan meng-engkol kick stater kaki akan terasa ringan. Bila Knop
Dekompresi ini tidak di angkat ke atas engkol motor pun akan berat
sekali.
Dekompresi adalah kebalikan dari kompresi. Cara kerjanya pun berbeda, kalau kompresi katup isap dan katup buang menutup rapat disertai naiknya piston bergerak menuju TMA (Titik Mati Atas) dan campuran bahan bakar dan udara dikompresi agar padat, selanjutnya pada waktu api busi memercik terjadilah ledakan yang luar biasa di ruang bakar dan piston kembali terdorong ke TMB (Titik Mati bawah).
Dekompresi adalah kebalikan dari kompresi. Cara kerjanya pun berbeda, kalau kompresi katup isap dan katup buang menutup rapat disertai naiknya piston bergerak menuju TMA (Titik Mati Atas) dan campuran bahan bakar dan udara dikompresi agar padat, selanjutnya pada waktu api busi memercik terjadilah ledakan yang luar biasa di ruang bakar dan piston kembali terdorong ke TMB (Titik Mati bawah).
Pada Thunder 250 membocorkan kompresi lewat katup buang dengan cara
yaitu melalui Knop/tuas secara manual namun sekarang sudah secara
Otomatis di motor terbaru. Beberapa keuntungan dari Dekompresi ini yaitu
:
- Memperpanjang umur dinamo stater
- Memperingan & memperpanjang kinerjastang seher
- Aki akan selalu awet juga
- Kaki tidak mudah lelah