Bagian-bagian Sepeda Motor Listrik

Posted by

Saat ini masyarakat semakin banyak menggunakan sepeda motor listrik sebagai salah satu alternative alat transportasi yang ramah lingkungan. Sesuai dengan namanya  maka tenaga utama penggerak sepeda motor listrik adalah sumber listrik dari baterai. Pemeliharaan dan perawatannya juga berbeda dengan sepeda motor dengan bahan bakar bensin. Untuk memudahkan dalam pemeliharaan dan perawatan sepeda motor listrik tersebut sebaiknya kita lebih mengenal bagian-bagian dari sepeda motor listrik. Berikut penjelasan secara umum bagian-bagian penting yang dapat menunjang cara kerja motor listrik.

1. Baterai

Baterai adalah komponen utama sepeda listrik yang berfungsi sebagai sumber energi penggerak motor listrik seperti bensin. Letak baterai biasanya tersembunyi di dalam rangka motor. Ada banyak jenis baterai, tapi jenis baterai yang banyak digunakan.adalah lithium-ion. Jenis ini beratnya lebih ringan dengan daya yang cukup tinggi dibandingkan jenis baterai lainnya. 

Untuk pengisian ulang baterai pada motor listrik dapat dilakukan di rumah atau stasiun pengisian listrik umum yang sudah banyak bisa ditemui di jalan-jalan.

2. Controller

Controller adalah komponen elektronik yang berfungsi mengatur aliran daya dari baterai ke motor listrik. Bagian yang dikontrol adalah komponen berhubungan dengan pengaturan kecepatan dan torsi motor yang didalamnya termasuk:kontrol Konversi Energi, Kendali Kecepatan, Kendali Torsi, Kendali Arah Putaran, Pemantauan/perlindungan/rekuperasi Energi. 

3. Suspensi

Suspensi berfungsi meredam goncangan dari permukaan jalan untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Suspensi terdiri dari per, shock absorber, dan komponen lainnya.

4. Housing (Rangka dan cover)

Housing atau rangka dan cover adalah kerangka luar motor yang berfungsi melindungi komponen internal dari kerusakan fisik dan lingkungan eksternal. Ini juga berperan dalam pendinginan motor.

5. Kontrol Elektronik (Electronic Control)

Beberapa motor listrik sudah menggunakan unit kontrol elektronik yang lebih canggih dan lebih otomatis untuk mengatur kecepatan, arah, dan kinerja motor secara keseluruhan. Penggunaan kontrol tersebut semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengendaranya .

6. Sistem Kelistrikan

Untuk menyalurkan energi listrik tentu diperlukan sistem kelistrikan yang mencakup semua kabel, konektor, lampu penerangan dan komponen elektris lainnya. Semuanya terhubung dalam suatu sistem elektronik yang menggerakkan sepeda motor listrik.

Dari penjelasan diatas kita dapat menambah wawasan berkaitan sepeda motor listrik terutama bagian dan kompone penyusun utamanya.

Foto : unitedmotor.co.id/


Blog, Updated at: 2:59 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.