Komponen dan Fungsi Mesin Injeksi Sepeda Motor

Posted by

Sistem injeksi pada sebuah kendaraan kini sedang diterapkan hampir disetiap produk dari semua pabrik otomotif. Di pasar otomotif indonesia hampir seluruh kendaraan khususnya sepeda motor yang sudah menggunakan sistem fuel injection. Mesin injeksi memang mempunyai keunggulan tersendiri yaitu selain sistemnya sudah diatur oleh teknologi yang begitu canggih sehingga ruang bakarnya pun akan sempurna dan yang pastinya kendarran dengan menggunakan sistem fuel injektion ini terkenal dengan irit bahan bakarnya.
Nah meskipun demikian banyak hal atau komponen-komponen yang terdapat pada mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi ini yang belum kita ketahui nama dan juga fungsinya. Pada kesempatan ini kita akan bahas bersama dan ketahui bersama komponen mesin injeksi dan fungsinya, berikut penelasannya dibawah ini.
  • ECM ( electronic control module )
Komponen ini berfungsi untuk menerima sinyal yang berasal dari berbagai sensor. ECM ini lah yang nanti akan mengelola data yang nantinya dapat membandingkan dengan parameter yang ada dan kemudian memberikan perintah pada actuator untuk melayani semua yang dibutuhkan oleh mesin.
  • IAT ( intake air temperatur sensor )
Fungsinya yaitu sebagai pendeteksi suhu udara yang nantinya akan masuk ke bagian intake manifold. IAT ini yang nantinya mengatur suhu udara bila sedang terjadi penyemprotan bahan bakar oleh injector kedalam intake manifold.
  • TP ( Trottle position sensor )
Berfungsi sebagai pendeteksi pada bagian derajat pembukaan skep gas yang dapat mempengaruhi terhadap beban maksimal dan juga yang lainnya seperti pada air fuel, rasio koreksi, akselarsi bahkan juga terhadap deklerasi.
  • MAP ( manifold Absolute Pressure )
Sebagai pendeteksi bagian kevakuman yang terdapat di intek manifold.
  • BAS ( Bank Angle sensor )
BAS ini berfungsi untuk mematikan mesin ketika mesin berada di kemiringan yang lebih dari 55,5 derajat. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya mesin terbakar.
  • Engine oil temperatur
Sebagai pendeteksi panasnya oli yang terdapat pada mesin
  • Injector
Berfungsi untuk menyemburkan bahan bakar ke intake manifold untuk memenuhi kebutuhan pembakaran di ruang silinder
  • Fuel Pump
Sebagai alat untuk mentransportasikan dimana alat ini juga dapat memompa dan kemudain mengalirkan bahan bakar yang terdapt ditangki ke dalam injector.
Semoga bermanfaat.
Sumber : otomotiftren.com


Blog, Updated at: 3:04 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.