1. Berikan oli kedalam lubang knalpot.
Untuk Tips yang pertama anda bisa memberikan oli kedalam lubang knalpot pada kondisi knapot panas karena akan menguapkan oli yang masuk dan menempel pada dinding dalam silender.Hal tersebut akan menjadikan dinding dalam silenser basah dan karat tidak akan muncul kembali karena tidak bersentuhan langsung dengan udara. Anda bisa berikan oli secukupnya saja ,untuk ukuran kurang lebih sekitar 50ml. Oiya, selain itu glaswool tidak akan mudah kering.
Untuk Tips yang pertama anda bisa memberikan oli kedalam lubang knalpot pada kondisi knapot panas karena akan menguapkan oli yang masuk dan menempel pada dinding dalam silender.Hal tersebut akan menjadikan dinding dalam silenser basah dan karat tidak akan muncul kembali karena tidak bersentuhan langsung dengan udara. Anda bisa berikan oli secukupnya saja ,untuk ukuran kurang lebih sekitar 50ml. Oiya, selain itu glaswool tidak akan mudah kering.
2. Pastikan dranase tidak buntu.
Sebuah knalpot umumnya tapi memiliki lubang yang disebut dengan drainase , apakah itu…? drainase ini mempunyai fungsi yaitu untuk membuang air yang masuk ke dalam silenser agar tidak tergenang . Umumnya biasanya letaknya berada dibagian bawah ujung silenser yang dekat dengan pipa leher knalpot, anda bisa lihat seperti gambar dibawah ini :
sumber images :http://masdaniblog.com/
Untuk cara melakukan ceknya pun cukup mudah ,anda bisa masukan lidi (yang berasal dari daun pohon kelapa yang digunakan untuk membuat sapu). Jika saat anda memasukan tidak ada yang menghalangi itu artinya tidak ada kebuntuan.
3. Siram Air /Cuci Motor setelah terkena air hujan.
Musim hujan adalah lingkungan yang subur yang membuat karat bertumbuh pada besi besi , apalagi jika motor anda berada di daerah pantai .Udara/air hujan yang mengandung karat dan bersentuhan langsung dengan logam tanpa pelapis seperti cat atau krom akan dengan sangat cepat membuat motor anda tumbuh karat. Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan dengan mengguyur knalpot anda dengan menggunakan air bersih agar karat tidak tumbuh ketika habis terkena hujan. Lokasi yang paling sering terkena adalah bagian leher knalpot , karena cipratan air yang menempel dapat merusak cat dan leher knalpot dimana daerah tersebut adalah daerah yang berubah suhunya secara extrim karena posisi yang letaknya dekat dengan ruang bakar.
Musim hujan adalah lingkungan yang subur yang membuat karat bertumbuh pada besi besi , apalagi jika motor anda berada di daerah pantai .Udara/air hujan yang mengandung karat dan bersentuhan langsung dengan logam tanpa pelapis seperti cat atau krom akan dengan sangat cepat membuat motor anda tumbuh karat. Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan dengan mengguyur knalpot anda dengan menggunakan air bersih agar karat tidak tumbuh ketika habis terkena hujan. Lokasi yang paling sering terkena adalah bagian leher knalpot , karena cipratan air yang menempel dapat merusak cat dan leher knalpot dimana daerah tersebut adalah daerah yang berubah suhunya secara extrim karena posisi yang letaknya dekat dengan ruang bakar.
Nah ada tambahan dari mas ari sendiri tadi juga saya sempat baca2 di blognya katanya kuranng lebih seperti berikut ini :
Sumber : http://www.modifikasi.co.idUntuk menjaga knalpot bawaan motor memiliki penampilan yang bagus dan awet kang ari sarankan agar setelah kena air hujan knalpot motor mu langsung di cuci atau di siram air menggunakan air bersih,kenapa hal tersebut harus di lakukan ,tujuanya adalah agar kandungan garam yang di bawa oleh air hujan luntur,terutama setelah kita jalan jalan atau touring di daerah pelabuhan atau pantai.