10 Cara Perawatan Knalpot Motor Agar Tetap Awet

Posted by

1 Panaskan Motor Secukupnya
Untuk bagian pertama kita akan mulai membahas cara merawat knalpot motor anda. Knalpot motor standar untuk motor 4 tak biasanya cenderung kering dan cepat panas yang disebabkan dari mesin. Hal ini sangat berbeda jika anda menggunakan motor mesin 2-tak dimana sistem pelumasanya menggunakan 2 macam yakni pelumasan mesin dan pelumasan bahan bakar. Dari pelumasan bahan bakar dimana ada campuran oli pada bensin sehingga rata-rata hasil buangan ke knalpot akan lebih basah di bandingkan motor 4 tak.
Jika motor yang anda punya adalah motor jenis 4-tak, maka mesin yang sudah panas akan sangat mempengaruhi knalpot dimana karat dan kekuningan akan cepat muncul. Hal ini dikarenakan kotoran yang menempel saat berkendara membuat knalpot ada mudah berkarat atau kekuningan. Maka saran saya panaskan mesin motor jangan terlalu lama dan secukupnya saja, itupun juga sering kita jumpai pada buku panduan motor yang menyarankan agar motor tidak dipanaskan terlalu lama.
2 Bersihkan Silincer 
Pada lubang buang yakni silencer harus dibersihkan dengan menggunakan oli secukupnya saja dan dilakukan sebanyak dua bulan sekali. Tindakan yang kita lakukan ini mencegah terjadinya karatan serta kebocoran knalpot pada bagain lubang buang maupun leher knalpot. Apabila knalpot anda mengalami kebocoran atau karat/keropos maka bisa dipastikan suara mesin yang keluar dari knalpot menjadi buruk, dan juga tenaga yang dihasilkan menjadi kurang atau "loyo". Hasilnya gas buangan yang keluar dari knalpot motor anda juga bisa berpotensi tidak ramah lingkungan.
3 Gunakan Detergen
Apabila knalpot sudah muncul korosi atau kekuningan maka anda harus rutin untuk membersihkannya juga dengan menggunakan detergen yang diholeskan pada sikat atau kuas. Biasanya karatan ini muncul pada bagain ujung knalpot yang berhubungan dengan mesin motor. Jika kita membersihkan ujung kanlpot dengan sikat, usahakan agar kotoran-kotoran atau karat bisa dihilangkan. Hal ini dilakukan supaya knalpot motor kita kelihatan bersih serta tidak muncul adanya karat atau kekuningan lagi.
4 Gunakan Oli Bersih
Setelah kita membersihkan knalpot dengan detergen pada langkah ketiga sehingga tampilan knalpot semakin bersih dan nyaman untuk dipandang, hal berikutnya adalah perawatan kebersihan bagian tersebut dengan menggunakan oli bersih. Caranya, cukup oleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata, kemudian kita hidupkan mesin motor selama dua menit supaya oli yang sudah dioleskan tadi dapat meyerap. saat mesin sudah panas oli yang telah dioleskan lama-kelamaan akan terkelupas sehingga tampilan dari leher knalpot semakin bersih.
5 Bersihkan Motor Setelah Terkena Hujan
Untuk cara selanjutnya merawat knalpot motor agar tetap bersih dan awet yang paling gampang yakni kita harus membersihkan motor setiap kali motor tersebut terkena hujan. Buka cuma pengendaranya saja yang harus mandi tetap motornya juga harus ikut mandi. Cara ini kita lakukan agar kotoran yang menempel pada body serta knalpot motor bisa hilang dan juga tampilan motor tetap kelihatan lebih bersih lagi. Penting bahwa hujan dapat membuat semua logam menjadi berkarat termasuk knalpot motor sehingga setelah kita bersihkan dengan air dan dikeringkan lalukanlah pemberian cairan anti karat dengan penyemprotkannya pada bagian knalpot agar tidak cepat mucul karatan atau kekuningan.
6 Pergunakan Kain Halus
Jika motor anda menggunakan bahan chrome pada bagian silencer maka sering-seringlah melakukan cara berikut yakni lap bagain knalpot tersebut dengan kain lembut atau Kanebo. Penggunaan kain lembut dilakukan agar tidak menimbulkan goresan yang dapat menyebabkan kurang baiknya tampilan knalpot motor ada jika terlalu banyak bekas goresan. apabila terdapat kotoran ataupun noda yang membandel pada bagian knalpot bisa gunakan oli bekas yang masih bagus.
7 Alternatif Cairan Portex
Saat kita membersihkan bagain knalpot dan noda atau karat pada langkah keenam kemudian sulit untuk keluar maka kita bisa gunakan saja cairan portex. Cairan ini berguna untuk menghilangkan karat bahkan korosi pada knalpot. Hanya saja kita harus menggunakan cairan ini dengan sangat hati-hati karena jika cairan ini mengenai body bahkan blok mesin maka warna dari motor kita bisa langsung luntur. sayangkan jika warna motor anda harus luntur gara-gara terkena cairan portex.
8 Percikan Noda Aspal 
Selanjutnya hal yang sering kita alami adalah jika knalpot motor atau blok mesin terkena percikan aspal yang masih baru. cara membersihkannya adalah dengan menggunakan Pertamax Plus yang dapat kita campur dengan minyak tanah dengan rasio perbandingan yakni 1:2. setelah kedua cairan tersebut kita campurkan maka oleskan secukupnya pada bagian yang terkena bercak hitam tersebut dengan menggunakan sikat kecil yang masih baik. setelah kita lakukan langkah ini maka bercak dari aspal yang menempel akan menghilang.
9 Pembuangan Angin Jangan Disepelekan
Seringlah periksa bagian lubang pembuang air yang terletak dibagian bawah silincer knalpot motor anda. Apabila saat diperiksa terdapat benda yang menyumbat maka tusuk lubang pembuangan dengan menggunakan paku kecil ada sejenisnya. Cara ini kita lakukan agar akses keluar dari pembuangan air akan lebih lancar lagi.
 10 Periksa Packing Knalpot
Pada bagian terakhir cara merawat knalpot motor adalah melakukan pemeriksaan kebocoran paking knalpot serta kekencangan baut penyangga yang ada pada semua bagain knalpot. Jika kita tidak melakukan cara ini maka bisa dipastikan suara aneh akan muncul dari motor kita, serta hasil pembuangan gas tidak sempurna yang berakibat motor menjadi boros dalam pemakaian bahan bakar.
Demikian beberapa tips ringan dan cara merawat knalpot motor agar tetap awet dan berkualitas untuk sepeda motor kesayangan anda. Dari semua pembahasan diatas pada dasarnya terdapat cara yang lain yang dapat dilakukan untuk bisa melakukan perawatan pada knalpot motor agar tetap awet. Bagi anda yang ingin melakukan perawatan knalpot motor dapat melakukannya dengan mengikuti 10 cara yang saya sudah jelaskan diatas.
Semua harus dikerjakan dengan hati-hati dan penuh kesabaran sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal lagi. Bagi anda yang menggunakan cairan Portex pada langkah ketujuh harus memperhatikan kadar penggunaannya agar tidak merusak knalpot motor anda.
Sumber : http://www.belajarlagi.id


    Blog, Updated at: 2:53 PM

    Pengunjung

    Powered by Blogger.