Pemeriksaan kondisi mekanisme katup cuk
- Periksa gerakan bebas poros katup cuk. Pada katup cuk terbuka, harus ada gerak bebas aksial » 0,1 mm.
- Jika gerakan poros katup berat, kontrol tutup karburator bengkok, kemudian lepas poros katup untuk dibersihkan.
- Periksa keadaan pegas penarik dan pengembali katup cuk. Pada saat katup cuk tertutup, tekan ujung cuk dan lepaskan lagi, katup cuk harus dapat kembali sendiri dengan mudah.
- Periksa keausan ujung-ujung tuas penghubung. Perhatikan penguncinya
Penyetelan kabel cuk ( motor tidak hidup )
- Tarik penuh tombol cuk. Jika katup cuk tidak tertutup rapat, setel kabel cuk
- Katup cuk harus dapat terbuka penuh apabila tombol cuk ditekan kembali
Penyetelan putaran start dingin
- Hidupkan motor pada putaran idle
- Tarik kabel cuk, sehingga kedudukan katup cuk setengah tertutup. Pada keadaan ini putaran motor harus naik antaraa 1000-1200 rpm. Jika putaran motor tidak sesuai , stel pada sekrup penyetel putaran start dingin
Catatan : Jika tidak ada sekrup penyetel start dingin, stel dengan membengkokkan batang penghubung antara katup cuk dan mekanisme katup gas.