kiprok motor Vario (kiri), Mio (kanan) |
Kiprok alias rectifier-regulator, memang termasuk komponen
jarang rusak. Tapi, kalau sudah minta ganti gara-gara fungsinya tidak
normal, sistem pada komponen pendukungnya yang diserang. Contohnya
pengisian dan penerangan.
Seperti terjadi di Honda
Vario yang kiproknya rusak. Aki bisa tekor atau overcharger, lantaran
keluar-masuk arus dari sepul tidak terkontrol. Dan pada saat tidak
berkerja, setrum dari aki bisa balik ke sepul karena kiprok memang sudah
tidak lagi searah. Begitupun dengan lampu utama yang kerjanya andalkan
putaran mesin untuk memutar generator atau sepul. Agar tegangan dan arus
dari sepul tidak berlebihan, diperlukan kiprok Oleh sebab itu, peranti
ini memang harus segera diganti kalau sudah rusak.
Sayang
pada saat kiprok Vario rusak, peranti ini lumayan jarang ditemukan di
toko suku cadang. Terutama toko spare -parts yang tidak terlalu besar.
Di bengkel resmi pun kadang harus pesan atau inden terlebih dahulu. Jika
alami hal itu, pemilik Vario tidak perlu khawatir lagi. Ganti dengan
kiprok Yamaha Mio. Apalagi komponen pabrikan berlogo garputala itu
tergolong gampang atau mudah didapat di toko onderdil.
Untuk menerapkan kiprok Mio ke Vario cukup mudah. Kebetulan kiprok Vario dan Mio semua sama baik dari segi kaki-kaki
maupun konektor, perbedaan hanya pada daya yang keluar dari kiprok.
Sebab baik Mio maupun Vario sistem kelistrikannya sama-sama AC untuk
lampu dan DC untuk pengapian. Sehingga untuk pemasangan pun tidak ada yang perlu diubah.
Langkah-langkahnya:Pertama, copot tebeng depan. Kemudian lepas semua baut
menggunakan obeng plus. Setelah tebeng depan terlepas, langsung
terlihat bagian kiprok. Letak kiprok ada di kanan dekat aki. Setelah
terlihat, tinggal langsung diganti dengan milik Mio.
Jika kiprok langka, bisa gunakan part KW2. Cuma biar tidak salah pilih, pastikan kiprok tersebut memiliki output
bagus yang dapat meregulasi tegangan dan arus yang dihasilkan dari
sepul. Kira-kira tegangannya berkisar antara 13-15 Volt. Untuk
mengujinya bisa pakai avometer.
Kiprok Mio lebih bagus ke Vario karena arus out put kiprok Mio lebih besar dibanding milik Vario, itu bisa dilihat dari ampere aki yang digunakan oleh kedua skubek itu. Kiprok Vario bisa juga pakai dari Jupiter MX 135LC.