Piston mempunyai bentuk seperti
silinder. Bekerja dan bergerak secara translasi (gerak bolak-balik) di
dalam silinder. Piston merupakan sumbu geser yang terpasang presisi di
dalam sebuah silinder. Dengan tujuan, baik untuk mengubah volume dari
tabung, menekan fluida dalam silinder, membuka-tutup jalur aliran atau
pun kombinasi semua itu. Piston terdorong sebagai akibat dari ekspansi
tekanan sebagai hasil pembakaran. Piston selalu menerima temperatur dan
tekanan yang tinggi, bergerak dengan kecepatan tinggi dan terus menerus.
Gerakan langkah piston bisa 2400 kali atau lebih setiap menit. Jadi
setiap detik piston bergerak 40 kali atau lebih di dalam silindernya.
Temperatur yang diterima oleh piston berbeda-beda dan pengaruh panas
juga berbeda dari permukaan ke permukaan lainnya. Sesungguhnya yang
terjadi adalah pemuaian udara panas sehingga tekanan tersebut mengandung
tenaga yang sangat besar. Piston bergerak dari TMA ke TMB sebagai gerak
lurus. Selanjutnya, piston kembali ke TMA membuang gas bekas. Gerakan
turun naik piston ini berlangsung sangat cepat melayani proses motor
yang terdiri dari langkah pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan gas
bekas.
Bagian atas piston pada mulanya dibuat rata. Namun, untuk
meningkatkan efisiensi motor, terutama pada mesin dua langkah, permukaan
piston dibuat cembung simetris dan cembung tetapi tidak simetris.
Bentuk permukaan yang cembung gunanya untuk menyempurnakan pembilasan
campuran udara bahan bakar. Sekaligus, permukaan atas piston juga
dirancang untuk melancarkan pembuangan gas sisa pembakaran.
- Tahan terhadap temperatur tinggi.
- Sanggup menahan tekanan yang bekerja padanya.
- Mudah menghantarkan panas pada bagian sekitarnya
- Ringan dan kuat.
Piston terdiri dari piston, ring piston dan batang piston. Setiap piston dilengkapi lebih dari satu buah ring piston. Ring tersebut terpasang longgar pada alur ring. ring piston dibedakan atas dua macam yaitu:
- Ring Kompresi, jumlahnya satu, atau dua dan untuk motor-motor yang lebih besar lebih dari dua. Fungsinya untuk merapatkan antara piston dengan dinding silinder sehingga tidak terjadi kebocoran pada waktu kompresi.
- Ring oli, dipasang pada deretan bagian bawah dan bentuknya sedemikian rupa sehingga dengan mudah membawa minyak pelumas untuk melumasi dinding silinder
Ring piston mesin dua langkah sedikit
berbeda dangan ring piston mesin empat langkah. Ring piston mesin dua
langkah biasanya hanya 2 buah, yang keduanya berfungsi sebagai ring
kompresi. Pemasangan ring piston dapat dilakukan tanpa alat bantu tetapi
harus hati-hati karena ring piston mudah patah. Kerusakan-kerusakan
yang terjadi pada ring piston dua langkah dapat berakibat:
- Dinding silinder bagian dalam cepat aus
- Mesin tidak stasioner
- Suara mesin pincang
- Tenaga mesin kurang
- Mesin sulit dihidupkan
- Kompresi mesin lemah
Pada motor dua langkah pemasangan ring piston harus tepat pada
spi yang terdapat pada alur ring piston. Spi pada ring piston harus
masuk pada lekukan di dalam alur pistonnya. Spi (pen) tersebut berfungsi
untuk mengunci ring piston agar tidak mudah bergeser ke kiri atau ke
kanan. Berbeda dengan ring piston mesin empat langkah di mana ring tidak
dikunci dengan spi. Bergesernya ring piston mesin empat langkah tidak
begitu berbahaya tetapi pada mesin dua langkah ring dapat menyangkut di
lubang bilas atau lubang buang sehingga ring dapat patah.
Sebelum piston dipasang ke dalam silinder, ring piston harus
dipasang terlebih dahulu. Pemasangan ring piston yang baik dan benar
adalah dengan memperhatikan tanda-tanda yang ada. Ring piston pertama
harus dipasang di bagian paling atas. Biasanya pada permukaan ring
piston sudah ada nomornya. Tulisan dan angka pada permukaan ring piston
harus ada di bagian atas atau dapat dibaca dari atas. Hal lain yang
perlu diperhatikan adalah penempatan sambungan ring pistonnya. Sambungan
ring piston (celah) tidak boleh segaris, artinya jika ada tiga ring
piston maka jarak antar sambungan ring piston harus sama yaitu 120deg.
jika ada dua ring piston jarak antar sambungannya adalah 180deg. Di
samping itu sambungan ring piston tidak boleh segaris dengan pena
pistonnya. Kesemua ini untuk mencegah kebocoran kompresi. Untuk
pemasangan ring piston sepeda motor dua langkah, spi pada ring piston
harus masuk pada lekukan di dalam alur pistonnya.
Ring piston dipasang pada piston untuk menyekat gas diatas
piston agar proses kompresi dan ekspansi dapat berlangsung dengan
sebaik-baiknya, karena saat proses tersebut ruang silinder di atas
piston harus betul-betul tertutup rapat, ring piston ini juga membantu
mendinginkan piston, dengan cara menyalurkan sejumlah panas dari piston
ke dinding silinder. Fungsi ring piston adalah untuk mempertahankan
kerapatan antara piston dengan dinding silinder agar tidak ada kebocoran
gas dari ruang bakar ke dalam bak mesin. Oleh karena itu, ring piston
harus mempunyai kepegasan yang yang kuat dalam penekanan ke dinding
silinder.
Piston bersama-sama dengan ring piston berfungsi sebagai berikut:
- Mengisap dan mengkompresi muatan segar di dalam silinder
- Mengubah tenaga gas (selama ekspansi) menjadi usaha mekanis
- Menyekat hubungan gas di atas dan dan di bawah piston
Bagian lain dari piston yaitu batang piston sering juga disebut dengan setang piston, ia berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol. Jadi batang piston meneruskan gerakan piston ke poros engkol. Dimana gerak bolak-balik piston dalam ruang silinder diteruskan oleh batang piston menjadi gerak putaran (rotary) pada poros engkol. Ini berarti jika piston bergerak naik turun, poros engkol akan berputar.
Ujung sebelah atas di mana ada pena piston dinamakan ujung kecil batang piston dan ujung bagian bawahnya disebut ujung besar. Di ujung kecil batang piston ada yang dilengkapi dengan memakai bantalan peluru dan dilengkapi lagi dengan logam perunggu atau bush boaring (namanya dalam istilah di toko penjualan komponen kendaraan bermotor). Ujung besarnya dihubungkan dengan penyeimbang poros engkol melalui king pin dan bantalan peluru.
Pada umumnya panjang batang penggerak kira-kira sebesar dua kali langkah gerak torak. Batang piston dibuat dari bahan baja atau besi tuang.
Piston pada sepeda motor dibedakan menjadi dua macam yaitu piston untuk sepeda motor empat langkah dan piston untuk sepeda motor dua langkah. Secara umum kedua bentuk piston tersebut tidak sama.
Piston sepeda motor empat langkah mempunyai alur untuk ring oli sehingga jumlah alurnya tiga buah atau lebih. Pada alur ring piston sepeda motor empat langkah tidak ada Lekukan.
Piston yang digunakan untuk keperluan sepeda motor berbeda dengan yang digunakan untuk kendaraan roda empat. Piston untuk sepeda motor mempunyai ukuran khusus yang sudah ditentukan, ukuran piston disebut STD (standar) merupakan ukuran yang pokok dari pabrik pembuatnya, merupakan ukuran yang masih asli dan belum pernah mengalami perubahan. Jadi dilihat dari ukurannya maka ada dua ukuran piston yaitu ukuran standard dan ukuran piston over size. Piston standar digunakan pada silinder mesin standard sedangkan piston over size digunakan pada silinder yang sudah over size. Yang dimaksud dengan over size adalah perluasan diameter silinder. Diperluasnya diameter silinder tersebut karena keausan dinding silinder.
Ukuran-ukuran piston untuk keperluan sepeda motor antara lain adalah:
- + STD = Piston yang masih asli/baru
- Ukuran + 0,25 mm = Piston over size 25
- Ukuran 0,25 mm - Ukuran 0,50 mm
- Ukuran 0,75 mm - Ukuran 1,0 mm
Dalam perawatannya piston perlu di servis, tahapan perlakuannnya adalah:
- Piston dilepaskan dari dudukannya
- Rendam piston dalam cairan pembersih bersama-sama dengan batang piston, lalu keringkan.
- Bersihkan kotoran arang pada alur ring piston.
- Amati alur ring piston kemungkinan aus. Keausan terbesar biasanya terjadi pada alur ring kompresi.
- Periksa kebebasan alur ring piston dengan feeler gauge. Alur ring piston dapat diperbaiki dengan memotong alur lebih besar memasang ring baja di sisi atas.
- Periksa apakah terjadi keretakan pada piston. Keretakan piston sekecil apapun harus diganti.
- Lepas pen piston. Sebelum pen piston dilepas beri tanda sehingga mudah dipasang kembali seperti posisi semula.
- Bila pen piston tipe apungan, lepas ring pengunci sehingga pen mudah dikeluarkan. Hati-hati waktu melepas ring, jangan sampai rusak. Umumnya mesin saat ini menggunakan pen yang dapat bergerak dalam piston dan dipres pada batang piston.
- Setelah pemeriksaan terhadap pen piston selesai pasang kembali seperti semula. Karena kebebasan pen terhadap pistonnya sangat kecil yaitu antara 0,005 sampai 0,0127 mm untuk piston dari almunium maka perlu pemasangan dengan teliti. Kebebasan pada batang piston yang menggunakan bantalan sedikit lebar besar yaitu sekitar 0,0127 mm
Gerakan Langkah Piston Untuk menjamin agar mesin tetap
beroperasi, piston harus selalu bergerak secara berkesinambungan,
gerakan piston akan berhenti di TMA (Titik Mati Atas) atau di TMB (Titik
Mati Bawah). Kedua titik ini disebut dead center. Ketika piston
bergerak keatas, dari TMB ke TMA, atau bergerak turun dari TMA ke TMB,
satu kali gerak tunggal dari piston dinamakan ”langkah”, jarak
pergerakan piston ini diukur dengan satuan mm.
Untuk menghasilkan tenaga yang lebih, dilakukan penelitian
terhadap hubungan antara panjang langkah dengan ukuran diameter piston.
Mesin langkah pendek dapat membuat kecepatan lari lebih tinggi, dan
memungkinkan untuk tenaga lebih tinggi juga.
Gerakan langkah piston dalam ruang silinder merupakan
gerakan lurus atau linear. Untuk memanfaatkan gerakan linear itu, maka
gerakan tersebut harus diubah menjadi gerakan berputar (rotary).
Perubahan itu dilakukan oleh gerakan poros engkol.
Pada mesin siklus empat langkah, satu siklus terdiri dari
empat kali langkah piston, dua ke atas dan dua kebawah. Siklus ini
terjadi selama dua putaran poros engkol. Sedangkan pada mesin dua
langkah, satu siklus terdapat dua langkah piston, satu ke atas dan satu
ke bawah. Siklus ini terjadi selama satu putaran poros engkol.
Sumber