Sebelum berlanjut ke prinsip dan tipe karburator, sebaiknya anda mengetahui apa itu karburator, yang belum membacanya ini dia selengkapnya tentang KARBURATOR. Jika sudah baca langsung saja ke topik selanjutnya yaitu Prinsip dan Tipe karburator. silakan baca dibawah ini :
Karburator bekerja berdasarkan Prinsip bernouli : semakin cepat
udara bergerak, maka semakin kecil tekanan statisnya, tetapi makin
tinggi tekanan dinamisnya. Karburator akan bekerja saat torak melakukan
langkah hisap. Pada saat mesin masih dingin kita sering menggunakan
choke, dimana choke disini berguna untuk mengurangi aliran udara yang
masuk sehingga bahan bakar lah yang lebih banyak masuk ke ruang bakar
yang menyebabkan mesin lebih cepat panas yang berguna untuk mempermudah
proses pembakaran, saat mesin sudah cukup panas maka choke sudah tidak
diperlukan lagi karena akan menyebabkan terjadinya banjir.
Berdasarkan Arah Aliran Udara :
Berdasrkan Barel :
PRINSIP KARBURATOR
TIPE / Jenis-Jenis Karburator
Tipe karburator dapat dikelompokan berdasarkan arah aliran udara, barel, dan ventury. Tentu tipe-tipe tersebut mempunyai tujuan dan fungsi tersendiri, tergantung untuk mesin apa karburator ini dibuat.Berdasarkan Arah Aliran Udara :
- Arah Aliran Udara Turun ( downdraft ) : Pada jenis ini, udara masuk melalui atas dan masuk ke ruang bakar dari bawah
- Arah Aliran Udara datar ( sidedraft ) : Pada jenis ini, udara masuk dari samping dan masuk ke ruang bakar melalui sisi seberangnya
- Arah Aliran Udara naik ( Updraft ) : Pada jenis ini, udara masuk dari bawah karburator dan masuk keruang bakar melalui atas
Berdasrkan Barel :
- Single barel : tipe ini hanya memiliki satu barel dan umumnya digunakan pada motor atau mobil yang berkapasitas mesin kecil
- Multi Barel : tipe ini memiliki dua barel atau lebih untuk memenuhi aliran udara yang besar, biasanya digunakan pada mesin kapasitas besar
- Ventury Tetap : Pada tipe ini ukuran venturi tetap, tetapi pedal gas yang mengatur besar kecilnya udara yang masuk, besar kecilnya udara ini yang mengatur jumlah bahan bakar yang tersedot keluar menuju ruang bakar
- Ventury Bergerak : Pada tipe ini pedal gas yang mengatur ukuran ventury dengan menggunakan piston yang dapat naik turun sehingga dapat membuat celah ventury yang berubah-ubah, naik turunnya piston ini di barengi dengan needle jet yang mengatur jumlah bahan bakar yang tertarik ke ruang bakar. tipe ini disebut juga "tekanan tetap" karena tekanan udara sebelum ventury selalu tetap.