Pada beberapa sepeda motor telah dilengkapi pengaman (safety) bagi si pengendaranya, yaitu sistem starter tidak akan hidup jika tidak sesuai kondisi atau syarat yang telah ditetapkan. Misalnya, sistem starter tidak akan hidup jika rem depan atau rem belakang tidak ditekan. Sistem ini biasanya ditemukan pada sepeda motor jenis scooter (misalnya Yamaha Nouvo) yang menggunakan transmisi otomatis. Contoh pengaman lainnya adalah sistem starter tidak akan hidup jika gigi transmisi masuk (tidak posisi netral) atau kopling tidak ditarik/ditekan.
Ada juga sepeda motor yang akan memutuskan aliran arus pada sistem pengapian jika sidestand (standar samping) masih kondisi digunakan/diturunkan, sementara sepeda motor tersebut akan dijalankan oleh pengendaranya. Rangkaian sistem starter terhubung dengan posisi sidestand dan rangkaian posisi gigi dan unit CDI pengapian.
a. Sistem Pengaman pada Scooter
Sistem pengaman pada scooter dirancang untuk mencegah scooter jalan
sendiri bila pengendara memutar gas saat akan menghidupkan (men-start)
mesin. Dengan sistem pengaman ini, sistem starter hanya bisa dihidupkan
jika pengendara menekan rem depan dan/atau rem belakang.
Cara kerja Sistem Starter yang Menggunakan Sistem Pengaman
Jika rem depan maupun rem belakang ditekan, maka saklar rem
depan/belakang (front/rear stop switch) akan menghubungkan kumparan
relay starter dengan saklar utama (main switch).
Akibat adanya aliran arus pada kumparan relay starter, maka
dalam relay starter akan timbul kemagnetan yang akan menarik plat
kontaknya. Selanjutnya arus yang besar langsung mengalir dari baterai
menuju motor starter dan motor starter berputar.
b. Sistem Pengaman Sepeda Motor (selain Scooter)
Rangkaian sistem pengaman pada gambar di bawah ini dirancang untuk mencegah sepeda motor jalan sendiri saat pengendara secara tidak sengaja/tidak tahu menekan starter switch sementara posisi kopling tidak ditekan/ditarik atau posisi gigi transimisi sedang tidak dalam kondisi netralCara kerja Sistem Starter yang Menggunakan Sistem Pengaman
Kumparan relay starter tidak akan mendapat arus jika posisi gigi
transmisi tidak netral atau kopling (clutch) tidak sedang
ditekan/ditarik. Pada posisi tersebut, saklar netral (neutral switch)
maupun saklar kopling (clutch switch) tidak akan menghubungkan rangkaian
relay pengaman (safety relay) ke massa. Akibatnya safety relay tetap
dalam kondisi tidak hidup (OFF) sehingga starter relay juga tidak akan
hidup walaupun starter switch ditekan. Dengan demikian, motor starter
tidak akan bisa berputar. Aliran arus dari baterai menuju motor starter
akan terjadi jika posisi gigi transmisi sedang netral.
Untuk lebih jelas lagi aliran arusnya adalah sebagai berikut:
Baterai ------ main switch ------ safety relay -----neutral switch ----- massa.
Baterai ------ main switch ------ safety relay ----- starter relay ------ starter switch ------ massa.
`
Baterai ------ plat kontak starter relay ----- motor starter ----- massa (sehingga motor starter berputar).
Aliran arus dari baterai menuju motor starter juga akan terjadi jika posisi kopling sedang ditekan.
Skema aliran arusnya seperti:
Baterai ------ main switch ------ safety relay -----clutch switch ----- massa.
Baterai ------ main switch ------ safety relay ----- starter relay ------ starter switch ------ massa
Baterai ------ plat kontak starter relay ----- motor starter ----- massa (sehingga motor starter berputar).
c. Sistem Switch Sidestand (Standar Samping)
Sistem pengaman dengan sistem switch sidestand adalah sistem yang
digunakan pada sepeda motor yang menggunakan kombinasi tiga sistem,
yaitu sistem starter, sidestand, dan sistem pengapian. Tujuan utamanya
adalah untuk memastikan agar posisi sidestand sudah benar-benar
diangkat/dikembalikan ke posisinya (tidak digunakan untuk posisi
menyandarkan sepeda motor) sebelum motor dihidupkan/dijalankan. Ada
beberapa kondisi yang berkaitan dengan sistem pengaman ini, yaitu:
- Jika posisi sidestand sedang diturunkan/digunakan untuk menyandarkan sepeda motor, motor starter tidak akan bisa dihidupkan saat pengendara menekan starter switch. Kalaupun pengendara mencoba menghidupkan dengan kick starter (bukan sistem starter listrik), sistem pengapian tidak akan hidup kecuali posisi gigi transmisi netral.
- Sistem pengapian akan hidup jika posisi transmisi netral atau posisi transmisi selain netral tapi kopling ditekan.
- Jika sidestand dicoba diturunkan kembali setelah mesin hidup, pengapian akan mati (off) dan mesin akan mati sesaat ketika koplingnya ditarik dan gigi transmisi diganti dari posisi netral.