HCS Sederhana Menggunakan Uap di Tangki Bensin - Penghemat bahan bakar 
yang sudah ada sebelumnya telah saya terapkan kembali pada motor saya 
dengan model yang lebih praktis. Sebelumnya saya menggunakan wadah 
tersendiri yang dinilai kurang bagus, baik segi tampilan maupun 
kepraktisan. Apabila HCS sebelumnya menggunakan uap etanol, kali ini HCS
 model final ini menggunakan uap bensin di tangki saja.
Bahan yang diperlukan:
- Selang secukupnya (± 2 meter)
- Kran aquarium (2 buah)
- Airstone (1 buah)
- Sambungan selang aquarium T (2 buah)
- Filter tembaga kulkas
- Klem secukupnya
Deskripsi singkatnya adalah sebagai berikut. Filter yang terbuat dari 
tembaga diklem di leher knalpot agar dapat menerima panas. Pada intake manifold
 harus terdapat saluran/naple kecil, yang nantinya menjadi saluran masuk
 HCS ke mesin. Sambungkan naple tadi ke filter di knalpot dengan 
menggunakan selang. Sambungan ini diputus, entah di tengah atau di mana,
 sekiranya posisi enak untuk diberi T dan dihubungkan lagi dengan kran 
dan airstone.
|  | 
| diagram sederhana HCS | 
Pada tangki bensin, kita beri lubang dan diberi sambungan sebagai lubang
 uap bensin yang diambil sistem HCS. Di sisi lainnya dari filter 
tembaga, dihubungkan dengan lubang di tangki bensin menggunakan selang. 
Antara sambungan ini kita putus lagi dan kita ganti dengan kran aquarium
 sebagai setelan uap bensin.
Setting HCS, karburator, dan mesin
Spesifikasi singkat dari mesin yang saya gunakan adalah sebagai berikut.
 Motor Yamaha Jupiter tahun 2001, piston jenong 52.5 mm & stroke 
standar (116.9 cc), karburator Jupiter Z ori, intake manifold costum, exhaust manifold costum, noken as dan klep standar.
Sebelum diinstal HCS, pilot jet #20 dan main jet #105 dengan putaran 
angin-angin 1 putaran. Setelah diinstal HCS dengan bukaan kran HCS yang 
sudah disetting hingga pas, angin-angin karburator terbuka penuh → pilot
 jet kurang kecil. Ganti pilot jet #17.5 dan setting angin-angin + 
setting HCS, didapat putaran angin-angin sebesar 1½ putaran. Busi 
berwarna merah bata pertanda setting sudah pas.
NB: Setting ketika filter/katalis tembaga sudah panas.
Hasil
Terlihat kan perbedaan setelah menggunakan HCS? Dari setting saja dapat 
terindikasi bahwa konsumsi bensin harus dibuat lebih irit agar setting 
pas. Untuk uji coba masih belum dilakukan, tetapi berdasar HCS model II 
yang menggunakan etanol, 1 liter premium mampu menempuh jarak 51 km 
dengan 9.000 - 12.000 rpm.
