Berikut adalah berbagai gambar busi dan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi berdasarkan penampilan busi :
Images 1 & 2: Ini adalah campuran bensin yang terlalu miskin, ujung
isolator adalah kelabu putih, tapi juga bisa menjadi kuning keabu-abuan.
Images 3 & 4: Seperti beludru, deposit karbon hitam kusam pada
elektroda isolator, dan shell disebabkan oleh salah satu dari berikut:
campuran yang salah, filter udara kotor, choke otomatis yang rusak, busi
terlalu dingin , atau cara mengemudi stop & go yang extrem. Untuk
memperbaikinya, setting ulang campuran udara dan bensin, mengganti
filter udara atau menggunakan busi panas dan perbaiki cara mengemudi
Images 5 & 6: Basah,disebabkan oleh : kelebihan pengisian oli ,silinder aus, ring piston atau katup. Untuk memperbaiki masalah ini, perbaikan dan / atau mengganti bagian aus. Dalam kasus apapun, busi harus diganti.
Images 7 & 8: Deposit pada isolator berwarna kuning adalah dari aditif bahan bakar
yang mengandung timbal, deposit akan menjadi konduktif dan menyebabkan
ngelitik. Busi harus diganti karena deposit ini tidak bisa dibersihkan
Images 9 & 10: Deposit dengan Warna kecoklatan dan kuning adalah
kombinasi dari karbon dan timbal dari aditif bahan bakar dan oli. Mereka
menumpuk di isolator selama kondisi mengemudi lambat dan, pada
kecepatan tinggi mereka mencair. Deposit ini akan mengeras pada saat
busi dalam kondisi dingin dan mencair pada saat busi dalam kondisi
panas. Sekali lagi, pembersihan dan sandblasting tidak berguna; Harus
ganti busi baru.
Images 11 & 12: Kecoklatan seperti arang pada elektroda dan isolator
merupakan akibat dari penumpukan carbon dalam ruang bakar dan untuk
memperbaiki ini dalam beberapa kasus mesin harus carbon clean, sebelum
memasang busi baru
Image 13: Elektroda mencair disebabkan oleh panas yang berlebihan dan akibat salah pemilihan jenis busi
Image 14: Bagian tengah elektroda mencair, akibat dari pembakaran yang tidak normal : misal ngelitik atau set timing terlalu tinggi
Image 15: Elektroda meleleh disebabkan oleh pengapian
yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, campuran udara dan bensin yang
terlalu miskin atau tumpukan deposit carbon dalam ruang bakar sudah
terlalu tebal..
Image 16: Elektroda menipis sedikit karena sudah terlalu lama tidak ganti busi