Beberapa orang mengeluh setelah beberapa bulan mengganti sepeda motornya
dengan aki kering (sebelumnya menggunakan aki basah), mereka mendapati
aki keringnya tiba-tiba soak. Digunakan untuk menyalakan motor starter tidak kuat.
Setelah diselidiki dan cari referensi sana-sini akhirnya terjawab sudah
masalah tersebut. Ternyata system pengisian pada aki basah dan aki
kering berbeda. Permasalahan timbul dikarenakan sama-sama menghasilkan
tegangan 12 Volt, tetapi pada aki kering arus pengisian lebih kecil
dibandingkan dengan aki basah. Nah jika dipaksakan dengan menggunakan
arus yang besar, maka aki kering tersebut lama kelamaan akan jebol.
Biasanya orang akan menambahkan tahanan/hambatan, tetapi ini akan
mengakibatkan arus akan naik.
Cara mengatasi permasalahan tersebut kita bisa menambahkan rangkaian
penyelaras voltase (fedtru). Yaitu dengan memasang transistor dan IC
regulator. Tipe transistor yang dipakai adalah 2N3055 sedangkan IC
regulatornya menggunakan jenis PNP (positif negative positif) jenis 7815
(seperti gambar rangkaian di atas).
Jika anda tidak ingin repot, anda bias menggunakan Kuprok bawaan asli
sepeda motor yang menggunakan aki kering. Contohnya Suzuki Smash akan
dipasang aki kering dapatmenggunakan kuprok milik Shogun 125 yang
menggunakan aki kering, untuk soket biar sama ganti sekalian milik
Shogun 125.