1. Kerenggangan tappet 2. Shim yang dipakai sekarang 3. shim yang seharusnya dipakai |
Suzuki Satria FU standar ting-ting dipatok celah klep
masuk-nya 0,10-0,20 mm dan buang 0,26-030 mm. Ukuran kerengangan ini
akan berubah sesuai umur motor. Kecuali motornya habis dibeli nggak
pernah dipakai. Celah klep saja diwajibkan diperksa ulang setiap 5.000
km.
Satria FU setelan klepnya bukan baut dan mur, tapi lempangan pengganjal
atau shim. Karena mekanisme-nya tersebut, menentukkan celah klep
bergantung pada tebal-tipisnya shim. Ini pun sudah dituntun tabel
penggunaan shim.
Nih cara menggunakan tabelnya.
FU asli bawaan pabrik, celah klepnya in 0,15 mm, maka shim yang dipakai berukuran 1,70 mm untuk in dan out. Ketika diukur celah klep telah merenggang dan tak mungkin jadi rapat, ya pasti shim sudah kemakan atau aus oleh mesin hidup dan panas.
FU asli bawaan pabrik, celah klepnya in 0,15 mm, maka shim yang dipakai berukuran 1,70 mm untuk in dan out. Ketika diukur celah klep telah merenggang dan tak mungkin jadi rapat, ya pasti shim sudah kemakan atau aus oleh mesin hidup dan panas.
Menentukkan ukuran shim yang dipakai selanjutnya dilihat pada tabel
tersebut. Pada tabel ini interval shim adalah 0.5 mm. Itu sama dengan di
bengkel resmi Suzuki seharusnya juga dijual lengkap. Patokan nya dengan
diukur fuller gauge dan shim lama terpasang pada tempatnya dan belum
diutak-atik.
Misalnya celah berubah jadi 0,30 mm dan shim yang terpasang saat ini
nomor 170. Maka berdasarkan tabel, harus memilih ukuran 1,85 mm atau
nomor 185 untuk klep in-nya. Sedang ex misalnya menjadi 0.40 mm, shim
yang harus digunakan adalah 2.00 bila saat diukur menggunakan 175 yang
terpasang. Begitu seterusnya menurut tabel.
Itu menurut tabel yang berdasarkan keausan semua onderdil berkaitan
dengan shim. Tapi tabel tinggal tabel, untuk meyakinkan silakan diukur
ulang. Seharusnya celah klep kembalistandar seperti celah masuk
0.10-0,20 mm dan buang 0.26-0.30 mm. Itu namanya teliti. Bekerja harus
teliti dan cerdas, bukan cari gampang nya yang bikin rusak sampeyan.