Cek Sil Kruk As pada Motor 2 Tak

Posted by

sil kruk as
Motor 2 tak memang paling mantap diajak ngebut karena akselerasinya nendang abis. Power terasa terus mengisi di setiap nafas mesin. Akan tetapi, berbicara tentang motor 2 tak pun tidak luput dari masalah -masalah yang dapat menimpa motor berasap ini. Kali ini saya akan mengupas tentang masalah sil crankshaft yang dapat membuat laju motor tidak normal.
Sil crankshaft ini hanya terdapat pada motor 2 tak dan motor 4 tak tidak butuh sil ini. Ini terjadi karena motor 2 tak sejatinya memiliki pelumas terpisah antara oli mesin dan oli samping. Artinya, oli mesin dilarang masuk ke ruang stang seher.
 
Pada bagian  stang seher beserta pendukungnya, semisal bearing, mendapat pelumasan dari oli samping yang masuk bersamaan dengan bahan bakar. Kemudian ada 2 sil crankshaft pada motor 2 tak ini yaitu sebelah kiri yang bersebelahan dengan magnet dan satunya lagi di sebelah kanan. Sil yang sebelah kanan bersebelahan dengan perangkat kopling.
Sil yang sebelah kanan inilah yang bikin motor kacau bila rusak. Sil crankshaft pada motor 2 tak ini jangan dianggap sepele. Karena jika sil crankshaft sudah terkoyak atau rusak, oli akan masuk ke ruang bakar dan motor pun akan mengalami beberapa masalah. Masalah tersebut antara lain:
  1. Motor susah dihidupkan
  2. Motor susah langsam
  3. Motor tidak mau lari
  4. Asap ngebul terlalu banyak
  5. Oli mesin habis karna ikut
Alasan dari beberapa masalah tersebut adalah karena oli mesin masuk di ruang carter dan menuju ruang bakar. Akibatnya campuran oli semakin pekat dan membuat pembakaran kurang sempurna. Nah itulah sebabnya motor susah hidup. Solusi jitu untuk menghentikan problem atau masalah tersebut adalah mengganti sil crankshaft tersebut dengan yang baru. Letak seal crankshaft tersebut tepat berada di belakang kampas ganda atau kalau motor dengan full cluth tepat di belakang gigi penghubung atau roda gila atau flywheel.


Blog, Updated at: 9:17 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.