sil kruk as |
Motor 2 tak memang paling mantap diajak ngebut karena akselerasinya nendang abis. Power
terasa terus mengisi di setiap nafas mesin. Akan tetapi, berbicara
tentang motor 2 tak pun tidak luput dari masalah -masalah yang dapat
menimpa motor berasap ini. Kali ini saya akan mengupas tentang masalah
sil crankshaft yang dapat membuat laju motor tidak normal.
Sil crankshaft ini hanya terdapat pada motor 2 tak dan motor 4 tak tidak
butuh sil ini. Ini terjadi karena motor 2 tak sejatinya memiliki
pelumas terpisah antara oli mesin dan oli samping. Artinya, oli mesin
dilarang masuk ke ruang stang seher.
Pada bagian stang seher beserta pendukungnya, semisal bearing, mendapat pelumasan
dari oli samping yang masuk bersamaan dengan bahan bakar. Kemudian ada 2
sil crankshaft pada motor 2 tak ini yaitu sebelah kiri yang
bersebelahan dengan magnet dan satunya lagi di sebelah kanan. Sil yang
sebelah kanan bersebelahan dengan perangkat kopling.
Sil yang sebelah kanan inilah yang bikin motor kacau bila rusak. Sil
crankshaft pada motor 2 tak ini jangan dianggap sepele. Karena jika sil
crankshaft sudah terkoyak atau rusak, oli akan masuk ke ruang bakar dan
motor pun akan mengalami beberapa masalah. Masalah tersebut antara lain:
- Motor susah dihidupkan
- Motor susah langsam
- Motor tidak mau lari
- Asap ngebul terlalu banyak
- Oli mesin habis karna ikut
Alasan dari beberapa masalah tersebut adalah karena oli mesin masuk di
ruang carter dan menuju ruang bakar. Akibatnya campuran oli semakin
pekat dan membuat pembakaran kurang sempurna. Nah itulah sebabnya motor
susah hidup. Solusi jitu untuk menghentikan problem atau masalah
tersebut adalah mengganti sil crankshaft tersebut dengan yang baru.
Letak seal
crankshaft tersebut tepat berada di belakang kampas ganda atau kalau
motor dengan full cluth tepat di belakang gigi penghubung atau roda gila atau flywheel.