kampas kopling motor |
Kampas kopling hangus memang bisa dialami semua motor. Pemicunya
beragam, tapi yang umumnya terjadi karena kecerobohan pemilik motor yang
sering dibilang selip kopling atau menggantung kopling. Ujung -ujungnya
peranti pendukung mekanisme perpindahan tenaga dari mesin ini cepat
aus. Solusinya, ya harus ganti baru. Itu kalo barangnya tersedia di
pasaran. Kalo motornya tipe baru kayak New Mega Pro? Mari kita cari substitusinya.
Metode tukar pakai alias substitusi sudahbiasa. Apalagi kalo menghadapi kasus seperti di atas. Pada produk
terbilang varian baru, penyebaran sparepart nya belum terlalu maksimal
dan merata. Terlebih kalau buat di daerah pelosok. Jalan keluarnya, bisa
adopsi metode substitusi parts. Untuk New Mega Prodapat menggunakan
kampasnya Mega Pro lama, Tiger atau Supra X yang kebetulan udah duluan
beredar dan menyebar.
Asyiknya, karena satu kandung alias sama-sama rilisan AHM, tinggal plek.
Gak perlu modif-modif. Hanya saja, jumlah lembaran nya aja yang
disesuaikan. Kalo di New Mega Pro 5 lembar, berarti kalo pake dari
saudaranya yang 4 lembar, tinggal tambah satu lembar lagi.
Gejala kalo kampas koplingnya udah aus biasanya pengaruh ke tarikan motor. Kurang responsif, bahkan enggak ada larinya. Suara mesinnya aja kenceng, tapi tarikannya kagak ada. Nah, kalo udah begitu, langsung cek dah peranti koplingnya.