Dua kali disaring agar oli lebih bersih |
Di skubek Suzuki, nex adalah matik pertama yang usung rantai keteng di
sebelah kiri. Padahal tipe sebelumnya, part ada di kanan. Sehingga efek
dari perubahan konstruksi tadi bukan cuma meringankan bobot mesin, tapi
juga ubah komponen lain.
Perubahan posisi rantai keteng dan konstruksi crankcase juga membuat
volume oli makin sedikit. Kini valume oli mesin hanya 650 ml. Untungnya
sistem sirkulasi pelumasan Suzuki nex termasuk aman.
Meskipun kapasitas oli di dalam mesin minim, tapi proses penyaringan
kotoran terbukti bagus. Sebab selain didukung filter oli tipe kertas
yang terpasang di samping kiri crankcase, di dalam mesinnya pun juga
dilengkapi filter tipe kawat kasa. Proses penyaringan pertama, oli di
bak karter diisap pompa oli disaring filter kawat kasa yang terpasng di
tutup pembuangan oli. Lalu aliran oli tadi masuk kembali ke ruang filter
kertas, sebelum semua dialirkan ke seluruh komponen. Penyaringan
terjadi 2 kali.
Malah kini, keuntungannya untuk melepas keteng jadi lebih mudah.
Biasanya bagian mesin terutama blok silindernya mesti dilepas agar
leluasa. Kini tanpa harus bongkar sebagian mesin, di rumah CVT skubek
ini dilengkapi ruang khusus. Supaya mudah melakukan penggantian atau
pemasangannya. Hanya saja, komponen di rumah CVT mesti dilepas sebagian.