semprotan bahan bakar injeksi |
Campuran bahan bakar dan udara yang dihasilkan lebih baik. Caranya pada
YMJET-FI ada selang by-pass udara atau Yamaha menyebutnya Assist Air Passage. Ia bekerja di bawah putaran ideal. Jadi, udara tak hanya lewat throttle body.
Pada putaran mesin rendah, udara disuplai lewat selang bay-pass. Selang
ini terintegrasi langsung pada intake manifold, lubangnya pada intake
berada setelah injektor. Paslah untuk matik yang butuh bahan bakar sejak
awal bekerja.
ISC pada YMJet FI |
Throttle body YMJET-FI berbeda dengan sistem FI pada Vixion dan Jupiter
Z1, terdapat dua katup butterfly (kupu-kupu) atau biasa disebut koin.
Kedua koin ini bekerjanya tidak bersamaan. Pada putaran mesin langsam
kedua koin menutup. Udara disuplay bay-pass
tadi, ketika putaran dinaikan maka hanya koin pertama yang membuka,
semakin naik putaran kupu-kupu kedua akan membuka, jadi bertingkat.
YMJET-FI pada motor
matik, karena matik membutuhkan suplai udara lebih padat pada putaran
bawahnya. Matik tidak mempunyai reduksi bertingkat, harus disediakan
bahan bakar mencukupi pada putaran rendahnya. Di sisi lain efisiensi
bahan bakarnya pun dituntut lebih irit, karena reduksinya otomatis.
Jalur bay-pass tadi memanipulasi udara agar memiliki volume tesedia
terus menerus. Memang tidak ada pada Vixion dan Z1, tapi injektor dan
sistem pompa bahan bakarnya sama, jadinya sama-sama halus.