Kalau kita perhatikan rocker arm, ada bagian yang menyentuh kem dan ada pula yang menyentuh batang klep.
Untuk selanjutnya, kita sebut bagian ini lengan. Lengan yang menyentuh
klep dan lengan yang menyentuh kem beda di soal ukuran panjang. Bisa
dipastikan, lengan yang menyentuh klep lebih panjang ukurannya.
Lengan yang panjang dibagi yang lengan pendek dikasih nama rasio. Makin
besar rasionya, akan semakin besar juga pengaruhnya terhadap lift
kem. Setiap merek atau tipe motor tertentu berbeda di soal rasio.
Misalnya pelatuk Honda Blade rasionya 1,5. Ini akan lebih tinggi
pengaruhnya terhadap lift dibanding pelatuk yang punya rasio 1,3.
Untuk bebek atau skubek Yamaha memang punya rasio yang lebih kecil,
yaitu 1,3. Makanya kalau bikin kem agar punya lift tinggi, benjolannya
harus lebih tinggi juga.