Awas ketika odometer mulai menginjak 60 ribu Km, rantai
camrat mulai bikin ulah. Karena aus bagian pin bushingnya, kemudian
menyebabkan tegangan camrat kendor. Saat berkendara jadi berisik,
lantaran suara mesin tak bisa halus. Meskipun sudah dilengkapi dengan
tensioner model automatis, tetap saja kemlitik.
Sebab, push rod
tensioner sendiri memiliki limit batas tekanan ke karet tensioner untuk
menstabilkan tegangan rantai camrat. Tapi sekarang entar dulu jangan
keburu mengganti rantai camrat? sebab ada trik spesial buat pemilik
Jupiter-Z. Lumayan, itung-itung untuk mengirit biaya maintenance.
Caranya mudah, pertama bongkar tensioner dari dudukannya. Kemudian ujung
push rod tensioner tambahkan dengan mur baja (kunci 12) dan satukan
dengan las listrik. Cara ini dilakukan untuk memperpanjang tonjokan puh
rod ke karet tensioner.
Dan untuk karet tensionernya, ganti milik Crypton atau Vega lama yang
masih 100 cc. Secara desain karet tensionernya sama, hanya saja di
bagian tapak pijakan push rod lebih nonjol. Sehingga efektif
menstabilkan tegangan rantai camrat, ketika ditekan push rod. Untuk
karet tensioner milik Crypton kode nya 4ST. Cara ini sesuai dengan
prakteknya, bisa memperpanjang umur camrat hingga 4 tahun lagi.
Keterangan:
Karet tensioner Crypton 4ST : Rp. 132 ribu
Mengelas push rod tensioner: Rp. 10 ribu