Membuat Sendiri Tabung Y.E.I.S

Posted by

Pada topik sebelumnya sudah dijelaskan tentang Tabung Yeis. Tabung Yeis berfungsi untuk menyimpan devisa gas dan mengirimkannya kembali ke dalam intake manifold. Cara kerjanya mudah. Yeis itu akan dihisap hingga vakum dan ketika gas ditutup tiba-tiba, kevakuman tersebut akan menghisap kabut bensin. Kabut bensin akan di hisap kembali ketika gas dibuka.
Keuntungan menggunakan YEIS adalah efisiensi bahan bakar walaupun relatif kecil sekali dampaknya. YEIS sendiri diciptakan untuk mesin 2 tak, namun pada perkembangannya juga dapat diaplikasi ke motor 4 tak.
Yuk kita buat sendiri tabung Yeis untuk sepeda motor kita!
1. Siapkan bahan yang akan digunakan
  • Botol kaca dengan volume minimal sama dengan CC sepeda motor (ukuran lebih besar untuk putaran rendah dan ukuran lebih kecil/sama untuk putaran atas)



  • Selang Bensin

  • Lem untuk menyambung
  • Manifold dengan napple untuk selang Yeis


2. Buatlah sambungan botol kaca dengan selang dan lekatkan dengan lem hingga tidak ada kebocoran.
Untuk pengetesan dapat dengan cara meniup selang dan cek adakah udara yang keluar. Celupkan dalam air agar terlihat ada gelembung yang muncul.
3. Buatlah dudukan botol agar dapat ditempatkan dan tidak mudah lepas dari sepeda motor.
Kalian dapat membuat seperti milik saya dengan menggunakan kawat yang dililit atau bisa kawat langsung dihubungkan ke rangka. Hati-hati botol berbenturan dengan rangka! Berilah karet ban bekas agar ada hambatan sehingga botol tidak pecah.
4. Pasang dan tes pada sepeda motor anda. Pastikan semua tertutup dan dalam keadaan baik.
Hasil yang baik jika tidak ada kebocoran baik di botol, selang, maupun intake manifold. Coba buka gas dengan perlahan lalu lepas. Jika terlihat kabut bensin masuk maka Yeis kalian telah berhasil. 

Selamat mencoba!
Sumber


Blog, Updated at: 5:59 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.