Sekedar share saja buat para pembaca yang ingin motornya enak meskipun menggunakan karburator imitasi yang banyak beredar di pasaran.
Saya mempunyai motor 2tak
tua yaitu Yamaha V80 yang karburator aslinya sudah tidak layak pakai
(ulir baut main-jet pecah,dsb.). Lalu karena karburator asli yang baru
sulit ditemui di toko-toko sparepart, maka
saya membeli salah satu merek imitasi yang sudah terkenal.
Kendala saat kita memakai karburator imitasi adalah:
1. Mesin sulit langsam.
Hal ini terjadi karena pasokan udara yang tidak stabil dan kurang presisi.
2. BBM kurang boros di putaran atas mesin.
Hal ini menyebabkan motor kurang lari.
3. Part-nya sulit ditemui.
Jika ada kerusakan, part yang dicari biasanya tidak ada sehingga harus mencari subtitusi yang cocok.
4. Banyak perbedaan secara fisik dengan karburator asli.
Lalu agar kendala tersebut berkurang (ingin menghilangkannya), beginilah langkah yang saya ambil:
1. Menggunakan spuyer asli bawaan karburator lama.
Pengalaman pada sepeda motor saya adalah bentuk main-jet yang tidak sama. Ingin memperbesar spuyer namun part nya tidak ada. Akhirnya tetap menggunakan Main-jet bawaan karburator imitasi dan Pilot-jet bawaan karburator asli. Coba cari di variasi dan cari merek spuyer Jet Up, Xtreme, Kitaco, dsb.
2. Menurunkan clip jarum skep ke paling bawah.
Hal ini bertujuan agar BBM lebih boros di bukaan gas 1/2-Full Throttle. Akhirnya sepeda V80 ini mampu berlari kencang tanpa ada kejadian kurang BBM di putaran atas lagi.
Demikian share dari saya yang mungkin dapat membantu para pembaca yang
mengalami kendala yang sama saat menggunakan karburator imitasi. Selamat
mencoba!
Sumber