Pernakah kalian saat menggunakan kick starter pada sepeda motor
anda? Pernakah mengalami kejadian bahwa kick starter tersebut tidak
dapat kembali ke posisi semulanya? Coba cek bagian mur pengencang kick
starter tersebut. Jika kencang dan tidak aus, dapat dipastikan bahwa
terjadi kesalahan di bagian dalam mesin.
Biasanya penyebab nge-los nya kick starter tersebut sebagai berikut:
1. Per Kick Starter tidak pada dudukannya
2. Pelor atau Peluru Bearing kopling otomatis yang terletak di dalam rumah sentrifugal sudah aus.
3. Roda gigi otomatis kopling tidak memutar kruk as.
4. Kaki empat yang terdapat dalam rumah kopling patah.
5. Paku penahan rumah kopling patah.
Catatan:
Setelah bak mesin kanan (bag. kopling) dibongkar, periksalah komponen utama dan pendukung kerja kick starter. Komponen tersebut seperti inner clutch, roller clutch, rumah kopling sentrifugal, sepatu kampas kopling otomatis, dan kampas kopling.
Langkah-langkah untuk membenahi nya:
1. Kuras oli mesin terlebih dahulu.
Karena yang akan kita bongkar bagian mesin, oli harus di kuras dahulu
melalui lubang buang yang ada di bawah mesin. Kalau ingin cepat, carilah
wadah seperti nampan yang lebar dan ber volume. Buka bak kopling
langsung dan oli akan langsung keluar lewat samping.
2. Buka bak kopling yang terletak di samping kanan mesin.
3. Periksa kerusakan yang ada.
4. Setelah penyebab kerusakan diketahui, selesaikan masalah tersebut dengan langkah yang benar.
jika per terlepas, pasang kembali ke dudukannya.
jika per patah, segera ganti dan pasang kembali
jika dudukan pecah, bisa di bubut ulang di tukang bubut/tukang las.
dsb.