Ini untungnya ikut seminar injeksi, bisa ketahuan kinerja YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet Fuel Injection) dan isinya. YMJET-FI didukung sensor sampai komponen mekanis. YMJET-FI memang untuk matik-matik Yamaha supaya tetap bertenaga dan irit untuk ukuran motor pakai CVT.
Juga ada IAPS (Intake Air Pressure Sensor) yang tugasnya mengukur tekanan udara. Kian tinggi putaran mesin maka tekanannya akan semakin kuat. IAPS akan melaporkan kekuatan lajunya. Sensor ini letaknya di throttle body. Ibaratnya tekanan darah pada atlet berbeda pada saat start, akselerasi dan deselerasi.
Yang utama tentu adanya injector, ya iyalah pak. Tugasnya penyemprot bahan bakar
yang diumpan oleh fuel pump atau pompa bahan bakar. Promosinya sih
elektronik pompa ini hanya butuh sedikit setrum. Komponen ini akan
bekerja sesuai peritah ECU (engine control unit) yang terima laporan
dari sensor-sensor.
Di antara sensor tersebut adalah IATS (Intake Air Temperature Sensor)
posisinya ada pada intake manifold. Ia melaporkan debit udara yang
masuk dari suhu dan cuaca sekitar saat motor tersebut bekerja. Di
pegunungan atau cuaca dingin maka akan makin rapat, sebaliknya di
dataran rendah atau panas maka makin renggang udaranya. Dengan sensor
ini, YMJET-FI akan tetap memadatkan campuran dibutuhkan agar ledakan di
ruang bakar tetap maksimal.
perbedaan semburan injeksi |
Juga ada IAPS (Intake Air Pressure Sensor) yang tugasnya mengukur tekanan udara. Kian tinggi putaran mesin maka tekanannya akan semakin kuat. IAPS akan melaporkan kekuatan lajunya. Sensor ini letaknya di throttle body. Ibaratnya tekanan darah pada atlet berbeda pada saat start, akselerasi dan deselerasi.
Di throttle body ada sensor TPS, yang ini bukan untuk pemilu yang
sebentar lagi tapi kependekan dari Throttle Position Sensor. Kolo ini
sudah lumrah, lantaran sensor ini yang membaca gerakan grip gas yang diputar pergelangan sampeyan terhadap buka-tutup katup kupu-kupu aliasbutterfly. Di karbu namanya skep.
TPS mengirim sinyal ke ECU soal keeinginan pengendara. Dari situ ECU
mengkalkulasi berapa banyak campuran bahan bakar dan udara dibutuhkan,
juga berapa derajat timming pengapian yang tepat. Itu terus-menerus selama mesin hidup. Nah di sinilah lebihnya injeksi yang irit, ramah lingkungan dan kencang.
Tentu berhubungan dengan sensor CPS (Crankshaft Position Sensor).
Sensornya membaca pick-up yang pada piringan magnet bagian luar. Sensor
akan ini membaca ke-12 pick-up yang jadi siklus kruk-as berotasi. Bahkan
lebih detail, karena ke-12 pick-up tadi memabca putaran kruk-assetiap
30ยบ.
part sensor YMJet FI |
Sensor selanjutnya engine coolant. Sensor suhu yang diterima ditindak lanjuti ECU untuk mengaktifkan Fast Idle Solenoid (FID) atau di karburator
tugasnya sebagai choke yang diaktifkan pada termperatur mesin rendah,
misalnya pagi hari. Juga untuk mengaktifkan kipas radiator ketika suhu
mesin melonjak melewati yang ditentukan. Ia jugasekaligus mengaktifkan
warning light atau lampu peringatan ketika mesin mengalami gejala
overheating.
Terdapat pula sensor O2 atau Oxygen Sensor di mulut lubang buang atau di
knalpot, ini ciri ECU Close Loop, sensor ini berguna untuk mengkoreksi
campuran bahan bakar dan udara. Sensor ini akan membisikan udara terlalu
kaya atau miskin, selanjutnya akan ditindak lanjuti ECU mengatur ulang
campuran agar tetap pas. Adanya komponen ini bikin kinerja mesin
YMJET-FI yahud di matik.