Bagian mesin depan yang di dalamnya terdapat klep,roller/rocker arm,dan lubang busi
Seperti gambar di bawah,merupakan ruang piston bergerak maju mundur..lubang yang berbentuk persegi panjang merupakan ruang gerak rantai keteng
3. Gasket/Packing.
Bagian yang berfungsi sebagai penutup celah dari cylinder head ke ruang gerak seker.
4. Seker.
Fungsinya sebagai penerima dorongan dari proses ledakan BBM di dalam mesin..
Berfungsi sebagai pendorong klep. geraknya seperti jungkat-jungkit. camshaft menekan roller lalu roller menekan klep.
Sebagai pendorong rocker yang di putar oleh rantai keteng.
7. Klep.
Fungsinya sebagai pembuka/penutup(seperti pintu) yang mengalirkan kabut bensin dan salah satunya lagi mengeluarkan sisa pembakaran ke knalpot. biasanya terdapat per(pir) klep yang berfungsi mengembalikan rocker arm ke posisi semula.
8. Rantai Keteng.
Berfungsi untuk memutar camshaft. rantai keteng ini terhubung juga dengan crankshaft.
9. Crankshaft.
Fungsinya sebagai penerus gerak memutar dari seker ke transmisi.
10. Connecting Rod.
Merupakan batang as yang di sambungkan dengan seker yang berfungsi sebagai pengubah gerak maju mundur seker menjadi memutar di crankshaft.