Jangan Salah Memasukkan Filter Oli Suzuki Shogun FL125

Posted by

Filter oli Suzuki Shogun FL125 punya desain berbeda dengan Smash atau Shogun 125 lama. Bukan hanya lebih kecil, tapi sisi luar punya bentuk lubang sama dengan bagian dalam (gbr. 1). 

Berbeda dengan bagian luar desain lama pada Smash dan Shogun 125 lama, bentuknya rapat (gbr. 2). Kalau ditekan masuk, jalur by pass filter mudah kotor dan bumpet. Keuntungan lainnya, mekanik atau bikers yang pasang dijamin tidak akan terbalik. Karena, kalau terbalik tidak akan bisa ditutup. 
Sementara, pada Shogun baru tidak demikian. Meski berbeda, lubang bagian luar dan dalam sama-sama bisa masuk ke dudukan filter oli dan bisa ditutup. Itu yang memungkinkan dipasang terbalik tanpa terasa karena bisa pas dan bisa ditutup. Kalau sampai itu terjadi, maka fungsi filterisasi tidak berjalan. Karena, lubang yang harusnya berada di bagian luar buntu. Jadi, tidak akan terjadi sirkulasi ke filter dan aliran oli berhenti. Bisa macet mesinnya karena kurang pelumasan
Biar tidak salah masuk, perhatikan seksama bentuknya, baru dimasukan. Bagian yang harusnya di dalam atau masuk duluan, pasti lubangnya tidak buntu. Terlihat kasat mata. Kalau mau cara paling mudah, perhatikan kedua sisi. Lihat bagian yang ada lapisan karet berwarna hitam. Itu bagian yang harus masuk duluan. Sedang bagian yang tidak ada karet, itu untuk bagian luar. (gbr. 3).


Blog, Updated at: 7:42 AM

Pengunjung

Powered by Blogger.