Filter oli Suzuki Shogun FL125 punya desain berbeda dengan Smash atau
Shogun 125 lama. Bukan hanya lebih kecil, tapi sisi luar punya bentuk
lubang sama dengan bagian dalam (gbr. 1).
Berbeda dengan bagian luar desain lama pada Smash dan Shogun 125 lama,
bentuknya rapat (gbr. 2). Kalau ditekan masuk, jalur by pass filter
mudah kotor dan bumpet. Keuntungan lainnya, mekanik atau bikers yang
pasang dijamin tidak akan terbalik. Karena, kalau terbalik tidak akan
bisa ditutup.
Sementara, pada Shogun baru tidak demikian. Meski berbeda, lubang bagian
luar dan dalam sama-sama bisa masuk ke dudukan filter oli dan bisa
ditutup. Itu yang memungkinkan dipasang terbalik tanpa terasa karena
bisa pas dan bisa ditutup. Kalau sampai itu terjadi, maka fungsi
filterisasi tidak berjalan. Karena, lubang yang harusnya berada di
bagian luar buntu. Jadi, tidak akan terjadi sirkulasi ke filter dan
aliran oli berhenti. Bisa macet mesinnya karena kurang pelumasan.
Biar tidak salah masuk, perhatikan seksama bentuknya, baru dimasukan.
Bagian yang harusnya di dalam atau masuk duluan, pasti lubangnya tidak
buntu. Terlihat kasat mata. Kalau mau cara paling mudah, perhatikan
kedua sisi. Lihat bagian yang ada lapisan karet berwarna hitam. Itu
bagian yang harus masuk duluan. Sedang bagian yang tidak ada karet, itu
untuk bagian luar. (gbr. 3).