Hal Penting Motor Vespa LX150ie atau S150ie - Setiap
motor punya karakter masing-masing, makanya butuh perhatian atau
perlakuan yang kadang beda biar nyaman, aman dan enggak menguras
kantong. Nah kali ini kita bahas 5 hal yang jangan dilakukan pada Vespa.
1. Kunci Merah Jangan Hilang
Pada Vespa modern dilengkapi immobilizer untuk keamanan, cirinya ada LED
yang kedip tiap beberapa detik di spidometernya. Nah pabrikan
menyarankan simpan kunci warna cokelat, karena itu merupakan kunci
master yang punya kode sesuai dengan ECU-nya. Beda dengan kunci biru,
jika hilang bisa diduplikasi di bengkel resmi dengan membeli kunci blank
sekitar Rp 170 ribu. Kalau yang merah hilang, maka enggak bisa
menduplikasi, risikonya wajib sekalian ganti ECU dan harganya enggak
murah. Untuk yang 2V sekitar Rp 1,5 juta, kalau yang 3V Rp 2 jutaan,
mahal karena menyatu dengan throttle body.
kunci pada Vespa |
2. Menghajar Polisi Tidur
injektor Vespa |
3. Menghajar Lubang
Ground clearance Vespa tergolong rendah, maklum pakai ban 11 inci di
depan dan 10 inci di belakang. Makanya kalau ada lubang jangan dihajar
karena gampang sekali mentok, ada baiknya pelan saja. Kalau kencang
benturan akan keras, standar tengah mendorong tutup CVT dengan kuat,
sehingga bolong.
tutup CVT Vespa pecah |
4. Standar Samping Kotor
Vespa pakai fitur side stand switch, kalau standar samping belum dilipat
maka mesin enggan hidup. Nah saat mencuci, pastikan bagian engsel dan
sakelarnya bersih. Kalau kotor bikin susah hidup.
Vespa dengan side stand switch |
5. Congkel Karet Tombol Jam
Jam di spidometer LX bisa diatur dengan memencet tombolnya, nah jangan
iseng mencongkel karet pelindungnya, karena efeknya bisa bikin
spidometer jadi ngembun. Itu terjadi lantaran terjadi kebocoran,
sehingga uap air masuk ke dalamnya.panel indikator |
Sumber