Pemasangan HCS sangat sederhana karena hanya perlu 3 titik penempatan untuk perangkatnya, yaitu :
1. Memasang tabung
Tabung diletakkan sedemikian rupa agar dapat berfungsi dan tidak
mengganggu kerja sepeda motor. Bisa diletakkan di dalam bagasi yang luas
atau membuat adaptor di luar cover sepeda motor. Bisa dengan memasang
box.
2. Memasang katalis
Katalis ditempatkan di sekitar mesin yang mempunyai panas yang cukup
agar dapat berfungsi dengan baik. Tempat-tempat yang memadai untuk
katalis adalah langsung menempel di knalpot, di atas cover knalpot, di
jalur air yang terbuat dari besi, atau di blok mesin.
3. Menghubungkan ke jalur masuk
Carilah jalur masuk yang ada disekitar intake manifold. Biasanya ada dibawah karburator
atau sesudah throttle body. Jika tidak ada ya bawa ke tukang dan minta
dibuatkan jalur masuknya. Biasanya ialah motor Honda Grand, Astrea dsb.
Cara lain adalah membeli intake baru variasi karena sudah ada langsung.
Jangan gunakan jalur yang terhubung dengan vacuum kran bensin.
Setelah sudah terpasang rapi langkah selanjutnya ialah setting. Bagaimana cara settingnya?
Nyalakan mesin dan tunggu 3-5 menit agar mesin dalam kondisi normal dan
suhu knalpot lebih panas agar katalis berfungsi secara optimal. Lalu
besarkan stelan gas agar rpm naik lebih kurang 1000rpm. Buka kran tabung
sampai keluar gelembung dan rpm menurun lebih kurang 500rpm. Buka kran
airmix sampai rpm naik kembali mendekati posisi semula. Kecilkan stelan
gas sampai ke idle yang diinginkan.
Setelah beres lakukan uji jalan. Rasakan apakah ada perubahan tenaga di
kendaraan anda. Bila sudah muncul berarti pemasangan HCS secara
keseluruhan sudah selesai.