laher di kruk as yang tetap menempel |
Lantas yang jadi pertanyaan, kenapa hanya satu bagian kruk as yang masih
terikat kuat di crankcase.?Sementara pasangan rumah bandul dan girbox
yang satunya, lebih gampang dipisahkan tanpa didukung alat bantu?
Pengalaman selama bongkar mesin memang seperti itu. Di motor bebek
Honda, laher kruk as terikat dengan crankcase kanan. Sedang di motor
bebek Yamaha, justru terbalik. Bagian laher di kruk as terikat di
sebelah kiri blok tengah mesin.
Adapun alasan kenapa salah satu leher kruk as masih terikat kuat di
crank-case, menurutnya lebih kepada faktor kestabilan mesin saat kruk as
berputar rendah maupun tinggi. Sebab jika celah kedua laher kruk as
longgar, efeknya bukan cuma getar berlebihan. Tapi, juga bisa menurunkan
performa mesin.
Bahkan resiko paling fatal jika celah terlalu longgar. Saat mesin bergasing, sangat mungkin terjadi knocking antara kepala seher dengan head. Atau, bisa saja setang seher menonjok piston. Makanya salah satu laher di kruk as tetap harus ada yang terpasang kuat di crankcase.
Bahkan resiko paling fatal jika celah terlalu longgar. Saat mesin bergasing, sangat mungkin terjadi knocking antara kepala seher dengan head. Atau, bisa saja setang seher menonjok piston. Makanya salah satu laher di kruk as tetap harus ada yang terpasang kuat di crankcase.
Selain itu, cara ini bertujuan menstabilkan beban pada magnet atau
kopling sentrifugal. Kebetulan dua komponen ini terhubung dengan poros
kruk-as tepat di sebelah kiri dan kanan bandul. Sedang bagian laher yang
tidak terlalu kuat berfungsi menyeimbangi putaran mesin pada saat
komponen ini memuai.
Lekas Diganti, Tapi Jangan Asal
Jika laher kruk as di crankcase sudah kelihatan agak longgar, di motor
harian memang nggak terlalu terasa ada perubahan dibandingkan di motor
balap. Cuma kalau masalah ini didiamkan berlarut-larut, sangat mungkin
komponen yang berhubungan dengan peranti tersebut dapat dengan mudah
alami masalah.
Makanya biar nggak ngerusak komponen lain, pastikan salah satu laher di
crankcase tidak longgar. Segera diganti jika leher atau dudukannya sudah
oblak. Dan, pastikan pakai laher standar bukan tipe racing. Biar tidak
mubazir waktu dipakai.