|
kampas kopling sentrufugal |
Clutch atau kopling tugasnya menstransfer plus menghentikan sementara
tenaga mesin ke roda melalui transmisi. Makanya di motor ada kopling
basah dan kering, seperti di bebek ada kopling centrifugal dan multi
plate (basah), di skubek ada sentrifugal (kering) dan sport kopling
multi plate (basah).
Meski beda di tiap tipe motor, ada kopling basah dan kering, soal
perlakuan menjaga peranti ini agar tetap awet sama saja. Setengah
kopling, biasa dilakukan kopling manual dan matic. Hal yang selalu
diabaikan pengguna motor saat kondisi macet. Ketika setengah kopling,
kampas (paper base) dan pelat (steel base) tetap bergesekan. Ini bikin
permukaan kampas jadi cepat aus terkikis.
|
per dan plat kopling sentrifugal |
Part paling rawan rusak adalah mangkok kampas kopling sentrifugal.
Kampas tipis akan menyebabkan banyak friksi hingga terjadi panas
berlebih. Mangkuk puli mudah peang. Ini akibat rider sering panteng gas
meski pun dalam kondisi ngerem. Karet damper, ada di ujung kampas
kopling sentrifugal dan berfungsi menahan getaran dan jaga kestabilan
kampas saat terbuka dan menutup. Jika karet rusak akibat tidak kuat
menahan panas, kinerja kopling jadi tak normal.
|
mangkuk kopling sentrifugal |
Sumber