Fungsi Knalpot

Posted by

Fungsi utama knalpot adalah sebagai alat pembuangan bahan bakar baik pada kendaraan motor atau mobil. Seiring berjalannya waktu, knalpot saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat dan ditawarkan ke dalam berbagai macam jenis mulai dari yang standart sampai model racing bahkan dengan sedikit modifikasi sana dan sini.
Saat ini knalpot racing hadir dalam berbagai macam desain unik dan keren, sebagian besar pengendara juga senang memodifikasi motornya dengan memasang knalpot racing agar motor nampak lebih gahar. Jadi memang selain berfungsi sebagai alat pembuangan bahan bakar, knalpot di jaman sekarang juga difungsikan sebagai alat modifikasi kendaraan.
Desain knalpot racing sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
  • Header: ialah bagian ujung knalpot racing yang dipasangkan pada mesin dan jumlah header ini juga tergantung pada jumlah silinder mesin kendaraan.
  • Resonator: atau juga disebut saringan knalpot fungsinya adalah mengolah bunyi bising yang dihasilkan dari hasil pembakaran oleh mesin.
  • Silincer: fungsinya hampir sama dengan resonator yaitu untuk meredam suara bising dan biasanya bagian ini terpasang pada ujung knalpot.
Fungsi knalpot racing memang selain dipakai untuk aksesoris atau ornament motor juga berfungsi agar tenaga lebih efisien. Namun pemilihan dan pemasangan knalpot jenis ini sendiri tidak boleh sembarangan sebab dapat menimbulkan polusi suara (dikarenakan biasanya suaranya lebih bising dari jenis knalpot standart biasa) dan tentunya gas buangnya juga lebih banyak dari knalpot biasa.
Sumber : https://www.informasiotomotif.com


Blog, Updated at: 5:56 AM

Pengunjung

Powered by Blogger.