Klep atau katup atau bahasa inggrisnya
yakni valve memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur masuknya gas baru
dan keluarnya gas buang dari sisa pembakaran pada mesin motor. Untuk
tugas dari klep itu sendiri sangatlah berat dan sangat vital, karena
bila ada suatu kebocoran atau gangguan sedikit saja maka pada klep
tersebut akan dapat mengakibatkan tenaga mesin pun menjadi menurun atau
dalam istilahnya performa mesin menjadi ngedrop.
Maka
dari itu kenali klep atau katup dan kelengkapannya. Nah berikut ini
penjelasan mengenai klep dan sebab-sebab kerusakan dan perbaikinya simak
dibawah ini.
Klep ( Valve )
Untuk
ukuran payung Klep hisap dibuat lebih lebar dari Klep buang hal ini
bertujuan supaya pengisian gas yang baru lebih optimal. Klep hisap
biasanya terbuat dari campuran baja chrom dan silikon dan pada bagian
dudukan dan ujung batang klep diperkeras supaya klep tersebut lebih
awet.
Sedangkan untuk klep buang itu sendiri terbuat dari dua logam baja yang berbeda, untuk batang klep dari baja yang memiliki sifat luncur yang baik dan untuk payung klep dari baja tahan panas karena temperatur pada klep buang dapat mencapai 800 derajat celcius.
Sedangkan untuk klep buang itu sendiri terbuat dari dua logam baja yang berbeda, untuk batang klep dari baja yang memiliki sifat luncur yang baik dan untuk payung klep dari baja tahan panas karena temperatur pada klep buang dapat mencapai 800 derajat celcius.
Kerusakan-Kerusakan Pada Katup / Klep
Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain yaitu :
- Setting / kedudukan daun katup aus / pecah
- Batang katupnya menjadi aus atau mengecil
- Pada batang katupnya menjadi bengkok
Akibat Dari Kedudukan Daun Katup Rusak
Untuk kedudukan daun katup yang rusak akan sangat berpengaruh pada beberapa fungsi lain seperti :
- Pada kompresi motor menjadi bocor
- Motor pun akan susah / sukar untuk dihidupkan
- Hidupnya motor pun tidak normal
- Pada bahan bakar pun menjadi boros
- Pada motor juga tidak dapat menjadi langsam / stasioner
Cara Memperbaikinya
Bila
daun katup aus hanya sedikit maka perbaikan dapat dengan cara men-sekir
lagi, namun apabila daun katup tersebut pecah maka untuk memperbaikinya
harus dengan melakukan penggantian dengan yang baru. Dan setiap
penggantian katup yang baru di-sekir lagi lebih dahulu hal ini bertujuan
supaya kedudukan daun katup dapat merapat dengan setting katup dari
kepala selinder.
Akibat Dari Batang Katup atau Klep Yang Aus Atau Mengecil
Ada beberapa akibat yang disebabkan oleh karena aus dan mengecilnya batang katup atau klep antara lain yaitu :
- Pada batang klep menjadi kocak / longgar di dalam bos-nya
- Bergeraknya katup tidak stabil / goyang
- Oli di kepala silinder merembes masuk ke dalam ruang bakar
- Oli mesin cepat habis atau berkurang
- Motor berasap tebal atau ngebul hitam
- Busi cepat kotor / hitam / basah dan cepat lemah dan mati
- Ruang bakar cepat kotor oleh arang atau karbon
- Permukaan kepala piston cepat kotor
Cara Memperbaikinya
Apabila
batang klep sudah menjadi aus maka harus dilakukan penggantian dengan
yang baru dan pada waktu mengganti katup ini sebaiknya bos katup / guide
valve-nya juga harus diganti dengan yang baru. Untuk mengganti katup
saja cukup dengan kita pasang sendiri tetapi kalau mengganti bos katup
harus dilakukan oleh bengkel bubut.
Akibat Dari Batang Katup Yang Bengkok
Beberapa masalah yang timbul akibat dari bengkoknya batang katup ialah :
- Bergeraknya katup di dalam bos menjadi berat / seret ataupun bahkan macet sama sekali
- Bos katup cepat rusak / aus / melebar / retak / pecah
- Hidup motor pun menjadi tidak normal
Cara Memperbaikinya
Jika sampai batang katup menjadi bengkok maka untuk memperbaikinya harus dengan penggantian dengan yang baru.
Nb :
Beberapa Catatan Mengenai Masalah Katup / Klep Mesin Motor
- Menyetel gap katup harus dilakukan pada waktu mesin dingin.
- Setiap kepala selinder motor 4 tak terdapat dua buah katup yang terdiri katup IN ( lebih besar ) dan katup EX ( lebih kecil ).
- Setiap katup EX terdapat satu oli seal dan oli sela ini harus diganti setiap melakukan penggantian katup yang baru
- Setiap katup memiliki dua buah per yakni per kecil ( bagian dalam ) dan per besar ( bagian luar ).
- Pada motor-motor yang memiliki CC-nya besar seperti Honda CB pada umumnya dimana khusus per yang besar gulungan ujung sebelah dengan gulungan sebelah tidak sama yakni gulungan sebelah renggang sedangkan gulungan ujung sebelah rapat dan cara pemasangannya ialah gulungan yang renggang dihadapkan ke atas sedangkan gulungan rapat dihadapkan ke bawah.
- Untuk perhatikan supaya per katup yang kecil tidak boleh tertukar dengan per kopling, pada waktu memasang kembalinya sebab antara per katup yang kecil dengan per kopling hampir sama bentuk dan ukurannya..
Sumber