Penyebab Kerusakan Katup (Valve)

Posted by

Klep atau katup atau bahasa inggrisnya yakni valve memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang dari sisa pembakaran pada mesin motor. Untuk tugas dari klep itu sendiri sangatlah berat dan sangat vital, karena bila ada suatu kebocoran atau gangguan sedikit saja maka pada klep tersebut akan dapat mengakibatkan tenaga mesin pun menjadi menurun atau dalam istilahnya performa mesin menjadi ngedrop.

Kerusakan Pada Klep

Ternyata Ini!! Penyebab Kerusakan Katup (Valve) “Cara Memperbaikinya”

Maka dari itu kenali klep atau katup dan kelengkapannya. Nah berikut ini penjelasan mengenai klep dan sebab-sebab kerusakan dan perbaikinya simak dibawah ini.

Klep ( Valve )

Untuk ukuran payung Klep hisap dibuat lebih lebar dari Klep buang hal ini bertujuan supaya pengisian gas yang baru lebih optimal. Klep hisap biasanya terbuat dari campuran baja chrom dan silikon dan pada bagian dudukan dan ujung batang klep diperkeras supaya klep tersebut lebih awet.
Sedangkan untuk klep buang itu sendiri terbuat dari dua logam baja yang berbeda, untuk batang klep dari baja yang memiliki sifat luncur yang baik dan untuk payung klep dari baja tahan panas karena temperatur pada klep buang dapat mencapai 800 derajat celcius.

Kerusakan-Kerusakan Pada Katup / Klep

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain yaitu :
  • Setting / kedudukan daun katup aus / pecah
  • Batang katupnya menjadi aus atau mengecil
  • Pada batang katupnya menjadi bengkok

Akibat Dari Kedudukan Daun Katup Rusak

Untuk kedudukan daun katup yang rusak akan sangat berpengaruh pada beberapa fungsi lain seperti :
  • Pada kompresi motor menjadi bocor
  • Motor pun akan susah / sukar untuk dihidupkan
  • Hidupnya motor pun tidak normal
  • Pada bahan bakar pun menjadi boros
  • Pada motor juga tidak dapat menjadi langsam / stasioner

Cara Memperbaikinya

Bila daun katup aus hanya sedikit maka perbaikan dapat dengan cara men-sekir lagi, namun apabila daun katup tersebut pecah maka untuk memperbaikinya harus dengan melakukan penggantian dengan yang baru. Dan setiap penggantian katup yang baru di-sekir lagi lebih dahulu hal ini bertujuan supaya kedudukan daun katup dapat merapat dengan setting katup dari kepala selinder.

Akibat Dari Batang Katup atau Klep Yang Aus Atau Mengecil

Ada beberapa akibat yang disebabkan oleh karena aus dan mengecilnya batang katup atau klep antara lain yaitu :
  • Pada batang klep menjadi kocak / longgar di dalam bos-nya
  • Bergeraknya katup tidak stabil / goyang
  • Oli di kepala silinder merembes masuk ke dalam ruang bakar
  • Oli mesin cepat habis atau berkurang
  • Motor berasap tebal atau ngebul hitam
  • Busi cepat kotor / hitam / basah dan cepat lemah dan mati
  • Ruang bakar cepat kotor oleh arang atau karbon
  • Permukaan kepala piston cepat kotor

Cara Memperbaikinya

Apabila batang klep sudah menjadi aus maka harus dilakukan penggantian dengan yang baru dan pada waktu mengganti katup ini sebaiknya bos katup / guide valve-nya juga harus diganti dengan yang baru. Untuk mengganti katup saja cukup dengan kita pasang sendiri tetapi kalau mengganti bos katup harus dilakukan oleh bengkel bubut.

Akibat Dari Batang Katup Yang Bengkok

Beberapa masalah yang timbul akibat dari bengkoknya batang katup ialah :
  • Bergeraknya katup di dalam bos menjadi berat / seret ataupun bahkan macet sama sekali
  • Bos katup cepat rusak / aus / melebar / retak / pecah
  • Hidup motor pun menjadi tidak normal

Cara Memperbaikinya

Jika sampai batang katup menjadi bengkok maka untuk memperbaikinya harus dengan penggantian dengan yang baru.

Nb :

Beberapa Catatan Mengenai Masalah Katup / Klep Mesin Motor

  • Menyetel gap katup harus dilakukan pada waktu mesin dingin.
  • Setiap kepala selinder motor 4 tak terdapat dua buah katup yang terdiri katup IN ( lebih besar ) dan katup EX ( lebih kecil ).
  • Setiap katup EX terdapat satu oli seal dan oli sela ini harus diganti setiap melakukan penggantian katup yang baru
  • Setiap katup memiliki dua buah per yakni per kecil ( bagian dalam ) dan per besar ( bagian luar ).
  • Pada motor-motor yang memiliki CC-nya besar seperti Honda CB pada umumnya dimana khusus per yang besar gulungan ujung sebelah dengan gulungan sebelah tidak sama yakni gulungan sebelah renggang sedangkan gulungan ujung sebelah rapat dan cara pemasangannya ialah gulungan yang renggang dihadapkan ke atas sedangkan gulungan rapat dihadapkan ke bawah.
  • Untuk perhatikan supaya per katup yang kecil tidak boleh tertukar dengan per kopling, pada waktu memasang kembalinya sebab antara per katup yang kecil dengan per kopling hampir sama bentuk dan ukurannya..
Semoga bermanfaat
Sumber


Blog, Updated at: 6:59 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.