Memperbaiki Starter Motor Mati

Posted by


Salah satu komponen pada motor yang terbilang penting yaitu ialah starter. Bila motor anda di lengkapi dengan adanya kick starter, jika starter anda tidak berfungsi tidak masalah. Karena dengan kick starter anda masih bisa menghidupkan mesin dengan di slah, tanpa harus menggunakan starter. Akan tetapi pada motor – motor terbaru saat ini sudah banyak yang tidak menggunakan kick starter. Lantas apa jadinya jika starter sepeda motor anda tidak berfungsi ? Solusinya yaitu dengan cara di dorong. Hal tersebut tentu saja sangat merepotkan kita.

Untuk mengatasi starter tidak berfungsi pada sepeda motor, tentu saja anda harus mengetahuinya terlebih dahulu penyebab awal atau gejala awal dari kerusakan pada starter motor tersebut. Biasanya gejala – gejala awal starter mengalami kerusakan yaitu menimbulkan suara kasar ketika anda menghidupkan mesin dengan cara di setarter, atau bahkan tidak ada suara sama sekali saat tombol starter di pencet/tekan.
Perbaiki Starter Motor Yang Rusak
Nah, jika tombol starter di tekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam saja, maka kemungkinan besar di sebabkan oleh aki motor yang sudah mengalami lemah. Kerusakan pada sistem starter motor bisa di sebabjan oleh empat komponen yakni, baterai, relay starter, rangkaian, dan pada motor starter itu sendiri. Bagai mana kah cara pemeriksaannya ? Berikut ini kami akan beriakan cara – cara pemeriksaan dan perbaikan pada starter motor. Pemeriksaan dan Perbaikan Starter Motor :
Pemeriksaan pada Aki/baterai
Pada komponen baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor, pasalnya komponen tersebut berfungsi sebagai sumber kelistrikan motor yang salah satunya juga untuk sistem starter. Jika pada saat tombol starter di pencet, akan tetapi motoy starter atau juga biasa di sebut dengan dinamo starter diam atau tidak berfungsi, maka pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengecek baterai. Cara untuk mengeceknya yaitu anda harus menggunakan multimeter atau anda juga bisa menggunakan alat avo meter untuk pengecekan tegangan baterai yang di hasilkan. Tergangan baterai yang bagus ialah tidak kurang dari 12 Volt. Jika mengalami kekurangan pada tegangan baterai ada dua kemungkinan yaitu pada sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterainya yang sudah rusak.
Pemeriksaan Rangkaian pada Starter
Jika pada baterai atau aki motor tidak ada masalah langkah selanjutnya ialah anda harus memeriksa rangkaian starter. Pertama yang harus anda cek dari rangkaian starter yaitu dari kabel yang mungkin terputus, pada socket – socket atau tombol starter yang sudah kotor dan berkarat. Cara pemeriksaannya yaitu dengan menggunakan multimeter, periksalah apakah arus listrk mengalir atau tidak. Kalau ada kabel yang putus maka sebaiknya anda hrus menggantinya yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungkan kembali kabel yang terputus tersebut. Jika tombol starter kotor bersikan dengan menggunakan ampelas halus.
Pemeriksaan Pada Relay Starter
Pada komponen tersebut yakni berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk menyambung dan memutuskan aliran arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju ke motor starter. Bagi anda yang ingin tau cara mnegeceknya yaitu dengan cara, sambung dua kabelke baterai min dan plus (-,+), nah jika anda mendengar suara cetak berarti masih bagus. Nah jika anda tidak menemukan suara tersebut maka kemungkinan besar bendik sudah mengalami kerusakan dan mati. Komponen tersebut tidak bisa anda berbaiki, melainkan anda harus menggantinya yang baru.
Pemeriksaan pada Motor Starter (Dinamo)
Pada hal ini biasanya kerusakan pada motor starter jarang terjadi, namun apa salahnya kita harus memeriksanya juga. Cara untuk memeriksa motor starter yaitu dengan cara menggunakan multimeter dengan cara probe (+) di hubungkan dengan kabel yang menuju ke motor starter dan probe (-) anda hubungkan dengan massa. Setelah itu anda tekan tombol starter dan periksa apaka ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada arus listrik yang mengalir maka bisa di pastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter di sebabkan adanya dua kemungkinan yaitu brush sudah aus atau juga bisa pada kumparan terputus. Kalau cuma brushnya saja yang aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, akan tetapi jika kumparannya (spull) yang terputus sebaiknya di bawa ke tukang service dinamo saja.
Itulah cara pemeriksaan dan perbaikan pada Starter Motor yang sudah rusak. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami kendala pada motor kesayangan anda pada sistem starternya.
Sumber


Blog, Updated at: 6:13 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.