Cara mengatasi electric starter bersuara kasar (cracking) pada motor matic

Posted by

Berangkat dari niat berbagi pengalaman , pada posting kali ini say ingin menambahkan pada kategori SERVIS MOTOR ,tentang bagaimana cara mengatasi suara kasar electric starter pada motor matic terutama jenis honda vario, honda beat dan honda spacy generasi matic sebelum aplikasi FI (fuel injection).
Jika kita perhatikan ada perbedaan suara electric starter pada motor matic honda vario, honda beat dan honda spacy saat masih baru dan ketika motor sudah dipakai menginjak usia dua tahun atau lebih. Pada pemakaian sekitar dua tahun suara elektrik starter terdengar sangat kasar berbunyi " krak...!!!" saat motor dihidupkan seolah gigi starter ada yang patah atau timbul suara gemertak berkepanjangan seiring suara mesin saat pertama dihidupkan.
Berikut ini tips cara atasi atau menghaluskan suara cracking tadi agar starter kembali normal dan tidak lagi kasar:
1.Buka bak penutup van belt . Dalam pengerjaan membuka bagian ini harus berhati hati. Karena bahan terbuat dari logam sejenis diral (aluminium cor). Hati hati mencungkil dan jangan diketok menggunakan palu besi. Selain itu pada penutup ini terdapat unit starter manual ( kick starter) yang terdiri dari tuas pedal starter, as starter, gigi 1/2 lingkaran dan per. (lihat gambar}

Gambar bak penutup van belt
http://imam-sa.mywapblog.com/files/bak-penutup-van-belt.jpg

http://imam-sa.mywapblog.com/files/van-belt-dan-pully-matic.jpg
2.Setelah bak terbuka cabut unit gear jointer (penghubung antara rotor motor starter dengan gigi gear yang menempel pada pully depan). Alat ini dirancang dapat bereaksi keluar masuk saat rotor starter berputar dan saat rotor starter diam. Yaitu dilengkapi dengan sebuah free wheel gear yang dapat berputar bebas satu arah dan menyangkut pada arah yang berlawanan. Sehingga saat motor starter listrik memutar akan meneruskan putarannya ke gear pully depan sehingga kruk as mesin ikut terputar dan motor dapat hidup. Namun ketika mesin berputar lebih cepat dari putaran motor starter, rotor starter tidak terbawa oleh kecepatan putara mesin karena adanya free wheel tadi. (lihat gambar)

Gambar gear jointer
http://imam-sa.mywapblog.com/files/jointer-electric-starter.jpg
3.Bersihkan bagian gear Jointer tadi dengan mencelupkan pada bensin dan keringkan menggunakan semburan angin bertekanan tinggi dari kompressor. Jika sudah dipastikan bersih dan kering celupkan kedalam minyak pelumas (oli) lalu semprot kembali dengan menggunakan angin dari kompressor. Langkah berikutnya adalah melumuri JOINTER dengan gemuk atau vet ( greeze) secukupnya. Jangan terlalu banyak. Karena jika berlebihan vet dapat terpancar keseluruh ruang bak van belt . Akibatnya van belt yang berbahan dasar karet dapat menjadi mekar dan kendor. Selain itu van belt menjadi licin.
4.Pasang kembali semua bagian yang tadi dibongkar seperti semula, lalu pasang penutup bak van belt. Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal. Kadang bagi pemula terjadi kasus ada sisa baut yang tertinggal karena kurang ketelitian. Setelah itu silahkan coba hidupkan motor. Suara starter pasti menjadi "mak nyusss....." seperti baru lagi.
Itulah sedikit tips memperbaiki suara kasar electric starter pada motor matic jenis vario, beat dan spacy. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian dan ada manfaatnya.
Sumber


Blog, Updated at: 6:49 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.