Cara Memperbaiki Klakson Motor yang Tidak Bunyi

Posted by

Bagaimana cara memperbaiki klakson sepeda motor yang tidak bunyi? Pada kendaraan bermotor, klakson berguna sebagai pemberi peringatan terhadap pemakai jalan lain melalui bunyinya yang nyaring. Agar komponen penting ini selalu berfungsi dengan baik, anda wajib merawatnya secara berkala.
cara-memperbaiki-klakson-motor-tidak-bunyi.jpg
Klakson
Permasalahan utama yang acapkali menimpa klakson motor adalah klakson tersebut mengeluarkan suara pelan, bahkan tidak berbunyi sama sekali. Pada dasarnya, ada beberapa penyebab dari matinya suara klakson kendaraan. Dan berikut ini merupakan penjelasan kemungkinan-kemungkinan penyebab klakson motor tidak berbunyi dari Pyurio disertai panduan memperbaikinya!
Kemungkinan 1 : Aki Motor Telah Soak
Perlu diketahui, tenaga yang dibutuhkan oleh klakson untuk mengeluarkan bunyi bersumber dari listrik yang tersimpan di aki. Jika aki telah soak, maka aki pun tidak dapat menyimpan energi listrik. Otomatis klakson juga tidak memiliki tenaga yang cukup untuk mengeluarkan bunyi. Perbaikannya bisa dilakukan dengan mengganti aki yang sudah rusak tersebut dengan aki baru.
Kemungkinan 2 : Kabel Klakson Terlepas
Penyebab kedua yang mungkin mengakibatkan klakson tidak berbunyi adalah kabel klakson tersebut ada yang terlepas sehingga sistemnya tidak dapat bekerja dengan baik. Pemasangan baut platina di belakang klakson juga bisa mematikan bunyi klakson sepeda motor. Pengecekan secara menyeluruh diperlukan untuk mengatasi penyebab ini dan segera perbaiki sistem pengkabelan klakson yang kurang tepat.
Kemungkinan 3 : Sakelar Klakson Berkarat
Sakelar klakson yang berkarat atau kotor juga bisa menyebabkan klakson tidak bekerja sama sekali. Seperti kita tahu, fungsi sakelar adalah menyambung arus listrik yang terputus. Klakson tidak bisa berbunyi ketika sakelar tidak mampu menyambungkan kembali arus listrik rangkaiannya. Cobalah lepas sakelar tersebut lalu bersihkan dengan menggunakan cairan anti karat. Kemudian pasanglah sakelar seperti semula dan lakukan ujicoba.


Blog, Updated at: 6:17 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.