Cara Merawat Aki Sepeda Motor.
Komponen terpenting yang terdapat pada sepeda engine selain mesin
adalah aki karena alat ini berfungsi untuk menghantarkan listrik
keseluruh fungsi motor, sedangkan untuk jenisnya sendiri aki ada dua
macam yakni aki basah dan aki kering seperti yang digunakan oleh
kebanyakan engine injeksi keluaran terbaru sebut saja Honda Supra X 125
PGM-FI 2014.
Memang secara perawatan
aki kering lebih gampang daripada aki basah yang setiap saat harus di
cek kondisi airnya. Meskipun demikian bukan berarti aki kering juga
tidak mempunyai masalah sama sekali, misalnya saja jika engine baru
maupun bekas anda jarang dipakai dan tidak pernah dipanaskan maka
kelistrikan pada aki bisa menjadi tidak berfungsi.
Jadi
tips ampuh dalam merawat aki yang pale penting adalah selalu memanaskan
engine setiap ingin dipakai supaya ketika digunakan aki tidak langsung
kaget. Jika engine anda jarang digunakan cukup panaskan setiap pagi dan
bruise minimal lima menit.
Dan khusus
bagi aki basah lakukan pengecekan ketinggian atmosphere secara
berskala, jika ketinggian atmosphere berada di bawah garis maka perlu
menambahkannya. Cara mengisi airnya joke cukup gampang yaitu anda
tinggal membuka baut pengunci aki lalu buka penutup atmosphere dan isi
sesuai batas yang ditentukan, hati-hati saat membuka penutup atmosphere
aki karena jika terlalu kuat justru akan patah karena penutup tersebut
terbuat dari bahan karet lunak.