Inilah Tanda-tanda Aki Motor Sudah Mulai Soak

Posted by

Komponen yang bernama aki merupakan Salah satu komponen terpenting pada sepeda engine injeksi . Hampir semua sepeda engine indication terbaru sudah mengadopsi aki jenis MF (maintenance free) yang tidak perlu lagi melakukan perawatan seperi mengisi atmosphere aki.
Service Advisor Yamaha Persada Motor mengatakan, usia pakai aki MF tidak bisa selamanya, ada batas waktu tertentu di mana kualitasnya akan menurun. Dengan pemakaian yang baik, aki MF bisa tahan sampai 2 tahun lebih. Namun jika tidak, maka bisa saja hanya sampai 1 tahun.
“Aki merupakan jantungnya sepeda engine injeksi, di mana semua aktivitas mesin bergantung pada daya listrik, seperti fuel injektor misalnya. Jadi harus diperhatikan gejalanya ketika aki sudah mulai soak, agak bisa mempersiapkan lebih dini sehingga tidak mogok di jalan,” ujar Dadang, Rabu (30/12/2016).
Pertama, kata Dadang, yaitu lampu sensaor indikator aki yang berkedip-kedip atau menyala terus menerus ketika kontak diputar ke posisi On. “Keberadaan indikator ini cukup membantu, untuk mendeteksi kondisi aki,” ujar Dadang seperti dikutip dari Otomania.
Kedua, starter elektrik sudah tidak bisa lagi digunakan. Jadi harus menggunakan starter primer (engkol) untuk menyalakan mesin.
Ketiga, gejala lainnya yang mengindikasikan aki soak yaitu, mesin sepeda engine tidak langsam dalam posisi idle. Lalu ketika dikendarai mesin juga mengalami “brebet”.
“Meski sepeda engine nyala ketika di-engkol, nyala mesin juga tidak langsam dan putus-putus nafasnya,” ucap Dadang.
Keempat, kondisi lampu spidometer redup pada saat sepeda engine di starter elektrik.
Kelima, jika kondisi aki sudah benar-benar parah, maka engine tidak bisa dinyalakan alias mati total.
Sumber


Blog, Updated at: 5:02 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.