Komponen yang bernama
aki merupakan Salah satu komponen terpenting pada sepeda engine injeksi .
Hampir semua sepeda engine indication terbaru sudah mengadopsi aki
jenis MF (maintenance free) yang tidak perlu lagi melakukan perawatan
seperi mengisi atmosphere aki.
Service Advisor Yamaha Persada
Motor mengatakan, usia pakai aki MF tidak bisa selamanya, ada batas
waktu tertentu di mana kualitasnya akan menurun. Dengan pemakaian yang
baik, aki MF bisa tahan sampai 2 tahun lebih. Namun jika tidak, maka
bisa saja hanya sampai 1 tahun.
“Aki merupakan jantungnya sepeda
engine injeksi, di mana semua aktivitas mesin bergantung pada daya
listrik, seperti fuel injektor misalnya. Jadi harus diperhatikan
gejalanya ketika aki sudah mulai soak, agak bisa mempersiapkan lebih
dini sehingga tidak mogok di jalan,” ujar Dadang, Rabu (30/12/2016).
Pertama,
kata Dadang, yaitu lampu sensaor indikator aki yang berkedip-kedip atau
menyala terus menerus ketika kontak diputar ke posisi On. “Keberadaan
indikator ini cukup membantu, untuk mendeteksi kondisi aki,” ujar Dadang
seperti dikutip dari Otomania.
Kedua, starter elektrik sudah tidak bisa lagi digunakan. Jadi harus menggunakan starter primer (engkol) untuk menyalakan mesin.
Ketiga,
gejala lainnya yang mengindikasikan aki soak yaitu, mesin sepeda engine
tidak langsam dalam posisi idle. Lalu ketika dikendarai mesin juga
mengalami “brebet”.
“Meski sepeda engine nyala ketika di-engkol, nyala mesin juga tidak langsam dan putus-putus nafasnya,” ucap Dadang.
Keempat, kondisi lampu spidometer redup pada saat sepeda engine di starter elektrik.
Kelima, jika kondisi aki sudah benar-benar parah, maka engine tidak bisa dinyalakan alias mati total.
Sumber
Inilah Tanda-tanda Aki Motor Sudah Mulai Soak
Posted by CB Blogger
Blog, Updated at: 5:02 PM