Tips Mengatasi Asap Tebal dari Knalpot Motor

Posted by

Jika anda berkutat dengan kendaraan pastinya akan menemui gejala engine yang knalpotnya mengeluarkan asap tebal, padahal itu adalah engine 4tak? Bagaimana Menghadapi ini?
Lantas, mengapa hal itu terjadi?
Knalpot yang berasap sejatinya dibedakan menjadi dua, yakni asap hitam dan asap putih. Jika engine Anda knalpotnya berasap hitam, hal tersebut bukanlah masalah besar. Artinya masih tidak berbahaya jika digunakan.
Asap hitam pada knalpot disebabkan oleh mesin membakar bahan bakar terlalu banyak (boros) bisa karena setingan angin/co terlalu boros atau karena pengapian yang tidak maksimal.
Bagaimana cara mengatasinya?
Anda hanya perlu memeriksa filter udara, setelan angin karburator/co untuk injeksi, busi, dan juga komponen sensor, injek bahan bakar sertas fuel vigour regulator. Jika dibiarkan joke sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja tidak enak dipandang dan bisa membuat kantong Anda jebol karena makin boros.
Yang kedua adalah asap putih. Munculnya asap putih pada knalpot bisa jadi tanda bahaya pada mesin. Mengapa? Karena ada oli yang ikut terbakar. Biasanya jika oli ikut terbakar, asap gas buang berwarna putih.
Jika oli mesin ikut terbakar, jelas itu akan memakan jatah oli pada mesin. Sehingga oli akan cepat habis. Anda joke dituntut agar peka, segera periksa untuk bagian ini. Apabila oli mesin sampai habis tanpa ketahuan, maka akan sangat deadly akibatnya pada kinerja dan umur mesin. Tak hanya itu saja, ruang bakar juga akan dipenuhi oleh kerak yang sangat tebal. Hal tersebut membuat ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran tak lagi sempurna.
Jadi, jangan anggap remeh asap putih yang keluar dari knalpot engine Anda. Segera periksakan engine di bengkel langganan Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber


Blog, Updated at: 5:33 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.