Cara Membongkar Kopling dan Mengukur Komponennya

Posted by

Terkadang kita melihat mekanik membongkar rumah kopling dan mengeluarkan komponen yang ada didalamnya, jika anda ingin tahu apa saja yang harus dilakukan pada saat memeriksa penyakit pada kompling. Bisa anda lihat panduan yang ada dibawah ini untuk memastikan kendaraan anda sudah benar dalam penanganan kopling tersebut.
LANGKAH KERJA  :
1.         Pembongkaran
Sebelum unit penekan dilepas, beri tanda pada unit penekan kopling dengan roda gaya Lepas baut – baut unit penekan, satu putaran secara bergantian sampai tekanan pegas kopling bebas.
rumah kopling
  • Keluarkan unit kopling dari roda gaya
rumah kopling
Pemeriksaan Komponen yang dilakukan
Plat kopling
  • Kondisi kanvas ( jika terbakar atau kotor oli ganti )
  • Tebal kanvas dengan paku keling, minimal 0,3 mm
  • Kondisi naf terhadap kelonggaran
  • Kondisi karet / pegas ( pecah atau longgar, ganti )
Unit penekan 
  • Kondisi permukaan gesek, aus atau goresan – goresan yang berlebihan prbaiki dengan mesin bubut
  • Kondisi pegas diafragma ( retak,miring )

  • Kondisi pegas strip atau pemegang unit penekan kemungkinan retak atau keling longgar
  • Keausan ujung pegas diafragma maksimum
a)  Kedalaman   :   0,6  mm
b)  Lebar             :   5,0  mm
Roda gaya dan kelengkapannya
  • Kondisi prmukaan gesek tergores atau aus ( ukurlah  !  )
  • Kondisi cincin gigi starter terhadap kerusakan
  • Kebocoran pada sil oli poros engkol
  • Kondisi bantalan pilot ( macet, kebebasan )
Bantalan dan garpu pembebas
  • Kondisi bantalan pembebas kemungkinan macet atau longgar
  • Jangan mencuci bantalan pembebas dengan bensin atau solar
  • Kondisi garpu pembebas dan kedudukannya ( retak atau keausan, ganti )
  • Kondisi pegas pengikat bantalan dan garpu pembebas ( lemah, putus )

Lakukan langkah pemasangan sesuai dengan urutan kebalikan dari langkah      pembongkaran, sedangkan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam    pemasangan adalah  :
- Pemberian Gemuk / Vet pada busshing-bushing untuk mengurangi gesekan
Petunjuk pemasangan
  • Perhatikan arah pemasangan plat kopling ( bagian menonjol di belakang )
  • Hindarkan plat kopling dari oli atau gemuk
  • Kertas gosok sedikit permukaan bidang gesek plat kopling dan roda gaya
  • Kembalikan tanda pemasangan unit kopling
  • Gunakan alat pemusatkopling sewaktu memasang unit kopling, bila plat kopling tidak disenter maka poros input transmisi tidak bisa masuk pada bantalan pilot
  • Kencangkan baut – baut unit penekan pada roda gaya secara bertahap dan menyilang
Pemasangan unit kopling yang normal, bila pegas diafragma sama tingginya dan sejajar dengan roda gaya
kopling normal kopling abnormalkopling abnormal
Sumber


Blog, Updated at: 7:57 AM

Pengunjung

Powered by Blogger.