Front wheel alingment atau pengaturan
posisi roda depan sangat berkaitan dengan pengendalian steering system.
Hal ini dimaksudkan supaya:
Untuk maksud tersebut maka posisi roda depan dilakukan pengaturan seperti berikut ini: (1) Toe in atau Toe out; (2) Caster; (3) Camber; dan (4) King pin inclination.
Jika
kita melihat posisi roda depan dan atas, sebetulnya posisi roda depan
kiri dan kanan tidak dipasang secara sejajar, melainkan diatur untuk
tidak sejajar sedikit. Pengaturan ini dibuat perbedaan jarak antara
bagian depan dan bagian belakang ban. Pengaturan ini ada yang hanya
dilakukan untuk kedua roda depan tetapi ada pula yang semua roda.
Jika jarak antara bagian depan ban depan lebih kecil dibandingkan dengan bagian belakang ban depan, posisi ini disebut Toe in. Sebaliknya, jika jarak bagian depan ban depan lebih besar dibandingkan dengan bagian belakang ban depan disebut Toe out.
Toe in atau toe out berfungsi untuk menjaga keausan ban yang berlebihan. Untuk menyetel Toe in atau Toe out dapat dilakukan dengan cara memperpanjang atau memperpendek tie rod melalui tie rod
Hal
ini disebabkan karena penempat-an engsel roda dan roda itu terletak
dalam satu garis. Karena metode prinsip pada sepeda tersebut tidak dapat
diterapkan pada kendaraan, maka dibuat sudut camber dan sudut king pin
inklination. Sudut camber adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan
roda depan jika dilihat dari depan kendaraan. Sudut king pin inclination
adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan king pin jika dilihat dari
depan kendaraan. Kedua sudut ini dibuat untuk meringankan pemutaran
steering wheel saat kendaraan dibelokkan.
Sumber
- Steering wheel dapat kembali lurus setelah berbelok.
- Steering cenderung lurus ke depan meskipun steering wheel dilepas.
- Tenaga yang digunakan memutar steering wheel lebih ringan.
- Keausan ban dapat merata.
Untuk maksud tersebut maka posisi roda depan dilakukan pengaturan seperti berikut ini: (1) Toe in atau Toe out; (2) Caster; (3) Camber; dan (4) King pin inclination.
1. Toe In atau Toe out.

Jika jarak antara bagian depan ban depan lebih kecil dibandingkan dengan bagian belakang ban depan, posisi ini disebut Toe in. Sebaliknya, jika jarak bagian depan ban depan lebih besar dibandingkan dengan bagian belakang ban depan disebut Toe out.
Toe in atau toe out berfungsi untuk menjaga keausan ban yang berlebihan. Untuk menyetel Toe in atau Toe out dapat dilakukan dengan cara memperpanjang atau memperpendek tie rod melalui tie rod
2. Caster
Demikian pula bila kita perhatikan posisi strut atau posisi king pin roda dilihat dari samping kendaraan tidaklah dibuat tegak lurus, melainkan dibuat miring dengan sudut tertentu yaitu bagian atas miring ke arah belakang. Kemiringan ini disebut sudut caster. Sudut ini dibuat dengan tujuan supaya kendaraan itu selalu cenderung jalan lurus atau jika kendaraan selesai membelok, roda itu dapat lurus kembali.3. Camber dan King Pin Inclination
Bila kita sedang mengendarai sepeda rasanya tidak diperlukan tenaga yang besar untuk membelokkan sepeda tersebut. Pada kendaraan mobil pun seharusnya dibuat seperti itu tetapi hal itu tidak mungkin dapat dilakukan mengingat roda kendaraan yang dibelokkan sekaligus adalah keduanya yaitu kiri dan kanan. Mengapa untuk membelok-kan sepeda tersebut ringan?.
Sumber