Hanya butuh 2 part saja agar
akselerasi Vario Techno 125 meningkat. Kedua part tersebut antara lain
adalah roller dan per CVT. Meski tak banyak ubahan dilakukan di sektor
mesin, Honda Vario Techno 125 PGM-FI bisa dibuat lebih berakselerasi.
Memang cara simpel buat tingkatkan performa matik Honda ini lewat
maksimalkan kinerja CVT.
Ubahan yang dikerjakan juga simpel, hanya melakukan subtitusi part CVT
tanpa harus main bubut sana-sini. Hasilnya juga cukup lumayan. Motor
lebih enak di putaran atas dan bawah setelah melakukan substitusi.
Part substitusi nya ialah:
Part substitusi nya ialah:
1. Set roller Suzuki Skywave dengan bobot 15 gram
Langkah awal yang dilakukan, yakni mengganti satu set roller Vario
dengan milik Suzuki Skywave. Dengan ubahan ini, berarti berat roller
menjadi lebih ringan. Karena roller standar Vario Techno 125 berbobot 18
gram. Sedangkan milik Suzuki Skywave, hanya berbobot 15 gram. Soal
ukuran, sama. Tinggal plek tanpa harus mengubah rumah roller. Alasan
menggunakan roller orisinil punya Skywave yang memiliki bobot lebih
enteng. Pilih yang orisinil, karena beratnya pasti lebih presisi
dibanding roller aftermarket. Daya tahannya juga lebih bagus.
roller |
Penggantian roller dengan bobot lebih ringan ini, bikin tarikan bawah
Vario Techno 125 PGM-FI lebih enteng, akselerasi bisa lebih cepet. Ini
bisa terjadi karena roller dengan bobot yang lebih ringan bisa mendorong
pully lebih cepat.
2. Per CVT Honda PCX
Setelah membuat akselerasi mantap, langkah selanjutnya mengakali agar
putaran atas tidak terlalu loyo. Penggatian per CVT, jadi rujukan. Part
substitusi pabrikan, masih menjadi pilihan dengan alasan daya tahan yang
lebih bagus. Pilihan dapat dijatuhkan ke per CVT milik Honda PCX.
Pasalnya, part yang dibanderol dengan harga Rp 34 ribu di dealer resmi
Honda ini, memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan per standar
milik Vario.
per CVT |
Selain lebih panjang, per CVT PCX juga lebih kaku. Meski demikian,
masalah pemasangan jangan dipusingkan. Karena per CVT PCX bisa langsung
dipasang di CVT Vario tanpa harus ubah apapun. Yang jelas, part asli
umumnya memiliki daya tahan dan kinerja yang lebih bagus dibanding part
aftermarket. Karena part sudah didesain dan dibuat sesuai dengan
kebutuhan berkendara kita sehari-hari.
Lewat penggunaan CVT PCX yang lebih panjang dan lebih kaku ini, bikin
putaran atas Vario 125 PGM-FI lebih maksimal. Jadi, seimbang. Motor enak
buat diajak stop n go karena akselerasi mantap, tetapi juga tak
kedodoran di trek lurus nan panjang