Busi Standart
Busi standar dipakai pada mesin bensin, kendaraan roda-4 (mobil), maupun kendaraan roda-2 ( motor ) untuk pemakaian sehari hari
Busi Resistor
Sistem Kelistrikan
pada kendaraan dengan teknologi digital atau elektronik (EFI) dengan
arus kecil dengan terganggu dengan pemakaian busi standard, Gangguan
tersebut juga bisa dirasakan pada televisi dan radio akibat interfrensi
gelombang
Busi Platinum (ZU)
Busi platinum dirancang untuk pemakaian sehari-hari maupun untuk racing.
Dengan daya hantar platinum yang lebih baik, menjamin unjuk kerja mesin
lebih baik walaupun pada suhu tinggi dan beban berat. Kebutuhan
tegangan busi platinum juga lebih kecil dibanding busi standar sehingga
memberikan kemudahan start
Busi Iridium
Busi Iridium
adalah busi generasi baru dengan ujung elektroda positif berdiameter 0,7
mm untuk pemakaian standar dengan umur pemakaian lebih panjang.
Sedangkan diameter 0,4 mm merupakan yang terkecil didunia dipakai untuk
kecepatan tinggi atau balapan.
Bahan ujung inti elektroda yang digunakan adalah campuran Iridium dan Rhodium (Iridium alloy).
Keiistimewaan Busi Iridium antara lain dapat menambah campuran bahan bakar
udara yang miskin sehingga meningkatkan performa pembakaran baik pada
kondisi idle maupun saat berkendara. Kebutuhan tegangan juga lebih baik
disetiap kondisi, demikian juga dengan daya akselerasinya.
informasi :
Untuk menghasilkan unjuk kerja busi yang baik, diperlukan pemasangan
yang baik pula. Pemasangan busi yang salah dapt merusak busi ataupun
mesin.
Prosedure :
pasang busi menggunakan tangan sampai putaran maksimal
lanjutkan dengan menggunakan kunci busi sebesar setengan putaran
bila menggunakan kunci mpment, perhatikan tabel di bawah ini
8 mm 0.8 ~1.0 kg.m
10 mm 1.0~1.2 kg.m
12 mm 1.5~2.0 kg.m
14 mm 2.0~2.5 kg.m