Pada kendaraan 4 tak, banyak di jumpai SOHC dan DOHC.
1. SOHC (Single Overhead Camshaft)
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_s4G6Z8J6Vf_hiDBV_lfjL0E0Ni8l-YVHC2cTCvGz76WVZsx7qUej6HjiM5gDECK9XroYEFsZTEINhnFXPNBRKG7ubHMCUCObdU64Qv6VC6VpZx8dg0FLCXBHLLFV0bEgVNFkTl_JpA9w3RA-A=s0-d) |
SOHC |
Seperti yang anda lihat di atas, disebut single karena hanya mempunyai satu camshaft. Melalui camshaft dan lifter atau kadang bisa menggunakan rocker arm
yang menggerakkan valves baik intake valves ataupun exhaust valves.
Biasanya dalam 1 cylinder yang SOHC mempunyai 2 valves 1 untuk intake
dan 1 untuk exhaust valves. Namun ada juga yang mendesign 4 valves yaitu
2 untuk intake dan 2 untuk exhaust valves. Namun hal ini akan cukup
rumit mendesignnya. Mengapa? Karena ini menyangkut timing antara intake valves buka/tutup dan exhaust valves buka tutup wajib match timing nya kalau tidak akan dihajar dengan piston.
2. DOHC (double overhead camshaft)
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_sI2MN0RCtpJUhCpGDg46_HgKbKGjVg6VtOKGTcNDUr9NjSf_JtR_b-vFkMdMx-abDzhXcPhCBSmuY-MEGjQfb5JXEUWtCzITHCXACJ17EJ9L3AoPMNEGGRv9_RIKNRdJCAxfc3vXqmnIdqxbU=s0-d) |
DOHC |
DOHC, yah tentu saja menggunakan 2 camshaft. Nah standard DOHC tuh 1 cylinder udah 4 valves, jadi yang pasti valve intake
dan valve exhaustnya double dibandingkan dengan SOHC (yang standard).
Terus impactnya gimana? Intake valves kan buat nyemprot campuran udara +
bensin, nah jika valvesnya double, maka semburannya bakalan banyak. itu
artinya more power. apalagi ditambah dengan compression tinggi plus
NOS, pasti kencang banget larinya! Sering kali, DOHC digunakan untuk
mengimbangi 2 stroke, artinya untuk dapat mengejar kekalahan 2 langkah.
maka valvenya di double in. Walau tetep saja ada waktu untuk itu. Nggak
heran istilahnya kalau pake bebek 4 stroke kudu diurut apalagi yang
SOHC. Kalau 2 stroke nggak betele-tele kayak gini, makanya masih banyak 2
stroke lover. coz more speed…!!!
Khususnya motor
cc kecil… DOHC dan SOHC ..sangat kerasa banget…!!! Teknologi DOHC pasti
aza lebih mahal… (gampangnya aza.. lihat aza material yang digunakan..
dan ngukur timing nya lebih kompleks)..!!! FU-150 nerapin DOHC 150cc…
(pertimbangan gue milih si FU salah satunya ini neh…) nah bisa
dibayangin khan dengan cc 150cc… pake DOHC… pluz power to weight
rationya yang lumayan… yah jadi ngacir…!!! Jup 135MX komeng… pakai 4
valve walau SOHC… juga lumayan… tapi kalau lainnya 2 valves… !!! Terus
impactnya gimana…!!! 4 valves.. yah terang lebih ngacir dan boroz…
sedangkan 2 valves … lebih lelet dan irit.. !!! Coba aza di langsam..
diaduin.. pasti yang lebih mati 4 valves duluan…. yah wajar… !!! jadi
jangan diperdebatkan ini.. lebih irit dan itu lebih boroz.. teknologinya
aza udah ketahuan… tergantung kitanya mau milih yang gimana… betul…???
Sumber